Harga Telor Anjlok, Peternak Bagikan Ayam Gratis Kepada Warga

Zeni
.
Rabu, 13 Oktober 2021 | 14:57 WIB
Peternak telor ayam membagikan ayam kepada warga yang membutuhkan (foto: isti)

MAJALENGKA, iNews.id - Dampak dari anjloknya harga telor di pasaran yang hanya kisaran Rp 15 ribu per kilogramnya, membuat peternak ayam di Majalengka mulai putus asa. Mereka tidak mau lebih jauh menanggung rugi dengan memberikan pakan ternak, hingga akhirnya peternak membagikan ayam-ayam ternakannya kepada warga secara gratis.

Salah satunya peternak ayam petelor di Desa Cihaur Blok Pasawahan Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka, mereka secara rela dan ikhlas membagikan ayam tersebut kepada warga yang membutuhkan secara cuma -cuma. Tak hanya warga, peternak juga membagikan kepada pondok pensantren untuk dikonsumsi santri.

Pembagian ayam petelor secara gratis dilakukan, menyusul tingginya harga pakan ternak ayam yang sudah menembus Rp 6,5 ribu perkilogram, padahal biasanya Rp 5 ribu per kilo. 

Sementara harga telor dipasaran hanya sekitar Rp 15 ribu perkilo. Padahal sebelumnya harga telor bisa menembus Rp 25 ribu perkilogramnya.

Menurut Eman Ilmaudin salah satu peternak, langkah ini diambil lantaran peternak tidak lagi mau menanggung rugi lebih besar lagi lantaran harus rutin memberikan makan ayam, sementara harga pakan ternak sangatlah tinggi. "bagi warga yang ingin ayam tinggal datang saja ke keperternakan kami," ujarnya.

Sedangkan warga mengaku merasa terbantu dan berterima kasih kepada peternak ayam bertelor yang dengan sukarela membagikan ke masyarakat dan pesantren di beberapa desa. "Saya doakan agar harga telor kembali normal," ucap Kyai Dodo warga sekaligus pengasuh pondok pesantren.

 

Editor : Miftahudin
Bagikan Artikel Ini