get app
inews
Aa Read Next : Ayah Eki Seorang Polisi Ikut Berjuang Juga 8 Tahun Cari Pelaku Pembunuhan demi Keadilan Sang Anak

8 Tempat Ibadah di Cirebon yang Menjadi Saksi Peradaban Agama

Selasa, 12 Oktober 2021 | 15:39 WIB
header img
IG

 CIREBON, iNews.id - Cirebon merupakan salah satu kota yang berada di Jawa Barat ini dikenal dengan penyebaran Agama Islamnya. Namun banyak yang tidak menyadari bahwa kota ini juga memiliki segudang cerita mengenai toleransi beragama.
 
Saat ini Indonesia mengakui keberadaan 6 agama, yang terdiri dari Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu. Mulai dari masjid hingga klenteng, sudah terangkum dalam ulasan mengenai tempat ibadah di Cirebon berikut ini.
 
Ini dia 8 tempat ibadah di Cirebon yang dirangkum pada Senin (11/10/21).
 
1.Masjid Raya At Taqwa

Berlokasi di Jalan Kartini, masjid ini adalah salah satu masjid terbesar di Cirebon. Didirikan pada tahun 1918, tempat ibadah di Cirebon yang satu ini mampu menampung 5.500 jemaah. Masjid yang juga memiliki menara setinggi 65 meter ini resmi dibuka pada tahun 1951.


IG

2.Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Tempat ibadah di Cirebon yang satu ini resmi dibuka pada tahun 1480. Merupakan salah satu tempat ibadah umat islam yang dibangun di dalam kompleks Keraton Kasepuhan, masjid ini ,menjadi salah satu masjid tertua di sini. Nama dari masjid ini diambil dari kata “sang” yang bermakna keagungan, “cipta” yang berarti dibangun, dan “rasa” yang berarti digunakan.

3.Masjid Merah Panjunan

Seperti namanya, Masjid Merah Panjunan ini berlokasi di Jalan Panjunan Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Berdiri pada tahun 1480, tempat ibadah di Cirebon yang satu ini didirikan oleh Pangeran Panjunan, seorang keturunan Arab yang menjadi pemimpin sekelompok imigran dari Baghdad, yang kemudian menjadi murid dari Sunan Gunung Jati.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut