get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Herd Immunity, Warga Majalengka Kembali Lakukan Vaksinasi Covid 19

Bentuk Toleransi, Vaksinasi Lintas Agama Kerjasama Muhammadiyah Indramayu - USAID Siap Digelar Besok

Senin, 11 Oktober 2021 | 23:21 WIB
header img
Bentuk Toleransi, Vaksinasi Lintas Agama Kerjasama Muhammadiyah Indramayu - USAID (Foto : Candra)

INDRAMAYU, iNews.id - Besok, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PMD) Indramayu melalui Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) bekerjasama dengan United States Agency for International Development (USAID), akan menggelar vaksinasi lintas agama sebagai bentuk toleransi, di SMK Muhammadiyah Haurgeulis, Senin (11/10/2021).

Kegiatan ini diberi nama vaksinasi mentari, akan digelar selama dua hari mulai pukul 08.00 pagi, ditargetkan sebanyak 3000 peserta dari berbagai agama dapat tervaksin.

"Persiapan sudah semua tinggal besok pelaksanaan semoga tidak ada kendala maupun halangan," ujar Ketua PDM Indramayu, Jubaedi Rahman, kepada wartawan, Senin (11/10/2021).

Jubaedi melanjutkan, untuk hari pertama pada Selasa besok pihaknya menargetkan 1000 peserta, selebihnya akan dilaksanakan di hari kedua pada hari Rabu. Selain menargetkan siswa dan masyarakat umum, Muhammadiyah mengundang secara khusus umat agama lain.

"Perwakilan tokoh dan peserta dari agama Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu sudah siap hadir," ujar Jubaedi.

Dalam melaksanakan vaksinasi besok, Muhammadiyah akan melibatkan 8 tim vaksinator, terdiri dari 4 tim dari Kodim 0616 Indramayu, dan masing-masing dua tim dari Rumah Sakit Bhayangkara Indramayu dan Rumah Sakit Pusat Zam-zam atau Rumah Sakit Pusat Kesehatan Umat (PKU) Jaribarang, Indramayu.

"Undangan juga nanti akan hadir dari Pemda Indramayu, PDM, MPKU Pusat serta Tim Mentari Covid-19 PP Muhammadiyah," ujar Jubaedi.

Ketua MPKU PD Muhammadiyah Indramayu, Ikrima menjelaskan bahwa pelaksanaan vaksinasi masal merupakan bagian dari upaya Muhammadiyah membantu pemerintah. Dalam hal ini Muhammadiyah berkomitmen mempercepat terbentuknya herd immunity di Indonesia.

"Program ini dalam rangka mendukung percepatan vaksinasi nasional," ujar Ikrima.

Sementara itu, Direktur RS PKU Muhammadiyah/RSI Zam-Zam Jatibarang Indramayu, Luhur Setyo Anggoro, mengatakan, sebelumnya telah dua kali dilaksanakan vaksinasi dengan melibatkan pelajar dan warga sekitar. Yakni pada Senin dan Rabu, 20 dan 22 spetember 2021. 

Selain itu, vaksinasi juga pernah dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Kandanghaur. Vaksinasi terlaksana atas kerjasama dengan Polres, Kodim serta Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu.

Lebih lanjut, Luhur mengajak warga Indramayu untuk mengikuti vaksinasi yang akan dilaksanakan secara gratis tersebut. Vaksinasi, kata Luhur, merupakan ikhtiar bersama untuk mengakhiri pandemi covid-19.

"Kami menekankan tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan untuk mengurangi potensi penularan covid-19 walaupun sudah divaksin," ujar Luhur.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut