get app
inews
Aa Read Next : Ringkasan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kota Cirebon Tahun 2023

Sejumlah Situs dan Makam Kramat di Kesenden Cirebon, Diajukan Menjadi Situs Cagar Budaya

Senin, 20 Juni 2022 | 16:12 WIB
header img
Dandim 0614 letkol Andi Hasbullah dan Lurah Kesenden, Rullyanto,kunjungi makam Ki buyut Syawal di Kesenden. (Poto : Riant Subekti)

KOTA CIREBON, iNews.id ​​​​​​- Prajurit TNI dari Korem 063/Sunan Gunung Jati dan Kodim 0614 Kota Cirebon turun langsung melihat kondisi 8 makam kuno dan situs keramat di Kelurahan Kesenden, Kota Cirebon.

Komandan Kodim (Dandim) 0614 Kota Cirebon Letkol Inf Andi Hasbullah pun terjun langsung meninjau kondisi makam dan situs keramat di Kesenden tersebut, Senin (20/6/2022).

Letkol Andi Hasbullah mengatakan, salah satu makam keramat itu diketahui adalah makam Ki Buyut Syawal.

Kondisi makam keramat tersebut, lanjut Dandim, kurang terawat dengan baik.

“Hari ini (Senin 20 Juni) kami dari Kodim 0614/Kota Cirebon bersama Pemerintah Kelurahan Kesenden meninjau langsung ke makam dan situs keramat yang ada di wilayah Kelurahan Kesenden,” kata Dandim.

" Setelah Kami lihat ada satu makam keramat yakni Ki Buyut Syawal yang kondisinya belum terpelihara dengan baik,” imbuhnya.

Letkol Inf Andi Hasbullah menyebutkan, pihaknya bersama Kelurahan Kesenden akan melakukan perawatan dan merapikan makam dan situs keramat yang kondisinya memperhatikan ini.

“Kami bersama Kelurahan Kesenden akan berkoordinasi bagaimana mengangkat makam-makam dan situs yang ada di Kelurahan Kesenden sehingga menjadi suatu cagar budaya. Nah, ke depan dapat dilestarikan dijadikan sebagai destinasi sejarah untuk anak cucu kita,” sebutnya.

Sementara itu, Lurah Kesenden Ruliyanto mengaku suda berkoordinasi dengan Kadisbudpar Kota Cirebon untuk mendaftarkan makam-makam dan situs keramat tersebut.

Sejak awal kami sudah berkoordinasi dengan Kadis Pariwisata merespon dengan baik. Tinggal kita lakukan langkah-langkah administrasi dan birokrasinya kita bersurat. Ke depan Disbudpar Kota Cirebon akan menerjunkan Tim untuk melakukan survei,” ucapnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut