Dianggap Menjadi Penyebab Banjir, Sampah di Sungai Kriyan yang Menggunung Dibersihkan

Ali Solihin

KOTA CIREBON, iNews.id - Lantaran dianggap rawan dan menjadi penyebab banjir saat musim penghujan, tumpukan sampah yang berada di bantaran sungai Kriyan dibersihkan warga masyarakat Pemuda Gambir Laya RT 01/RW 06 Kelurahan Kasepuhan Kota Cirebon, Minggu (26/12/2021). 

Menurut Ketua RW 06 Gambir Laya Kasepuhan Raden Junardi, saat musim hujan seperti ini Sungai Kriyan airnya bisa meluap hingga ke pemukiman warga, apalagi dengan kondisi tumpukan sampah yang terlihat menyumbat di bawah jembatan Kesunean.

Untuk itu, pihaknya bersama masyarakat dan pemuda sekitar untuk menggelar kerha bhakti dengan membersihkan tumpukan sampah. Namun, saat ini warga kesulitan banyaknya tumpukan sampah yang menggunung. "Sudah selama 2 tahun ini tidak dibersihkan, untuk mengangkat tumpukan sampah tersebut harus menggunakan alat berat," ujarnya.

Sementara itu anggota DPRD dari Fraksi PKS Kota Cirebon, Hj Cicih Sukaesih yang hadir dalam kegiatan kerja bhakti masyarakat menjelaskan, bahwa sungai Kriyan pengelolaan dan kewenangannya ada pada Provinsi Jawa Barat. 

Pihaknya berharap agar pemerintah provinsi menindaklanjuti keinginan masyarakat agar persoalasan sampah bisa terealiasi. "Kami mendesak Pemprov Jabar mendengar keluhan ini," ucapnya.
 

Editor : Miftahudin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network