Begini Curhatan Seniman Indramayu, dari Jual Motor Hingga Berhutang Demi Makan

ali s
Salah seorang seniman, mengaku harus berhutang dan jual motor demi makan. (Foto : Ali S)

INDRAMAYU, iNews.id - Larangan hajatan yang diberlakukan pemerintah daerah sangat dirasakan oleh para pelaku seni di Kabupaten Indramayu.Sudah setahun lebih mereka kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarga.Salah satunya yang dialami oleh Rusmanto, Dalang Wayang Kulit Langen Kusuma Putra Indramayu. 

Gelar juara yang ia dapat dari setiap festival yang diikutinya, tidak mampu membuat Rusmanto bertahan di tengah pandemi Covid-19, Ia pun pada hari ini, bersama ribuan seniman lainnya turun ke jalan untuk berdemo. Mereka menuntut agar hajatan bisa diizinkan oleh pemerintah daerah.

"Berdampak sekali, banyak pagelaran dibatal-batalkan, banyak yang sudah manggung terus dibubarkan," ujar dia, Jumat (28/5/2021). Rusmanto mengatakan, untuk bertahan hidup, ia mengaku bahkan harus gali lubang tutup lubang dengan berhutang ke sana ke sini.

Selain itu, Rusmanto bahkan harus menjual sejumlah barang. Salah satunya sepeda motor miliknya untuk kebutuhan makan ketiga anak dan istri. "Pernah jual motor juga sudah satu, uangnya untuk makan," ujar dia.

.

Editor : Miftahudin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network