Lautan Sampah di Pantai Kesenden, Wajah Berbeda dari Majunya Kota Cirebon

Riant Subekti
Lautan sampah di Pantai Kesenden (Foto : Riant Subekti)

KOTA CIREBON, iNews.id - Ribuan Kubik sampah menjadi pemandangan keseharian bagi warga yang tinggal di sekitar pantai Kesenden Kelurahan Kesenden Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon, Rabu (22/9/2021).

Lautan sampat nampak terlihat memenuhi sejumlah kolam rawa di bibir pantai Kesenden. 

Sampah yang berserakan tersebut persis berada di sebelah barat jalan pantai Kesenden. Sementara di sebelah timur berjejer pohon mangrove dan lautan lepas.

Dodi (34) warga yang tinggal di daerah tersebut mengatakan sampah yang terdapat di wilayahnya merupakan buangan dari daerah lainnya.

"Sampah-sampah tersebut bukan hanya berasal dari sampah warga sekitar, tetapi banyak yang berasal dari tempat lain dan  membuang di area tersebut," Jelasnya.

Menurutnya, keberadaan sampah tersebut membuat suasana sekitar nampak kumuh, selain itu membawa berbagai macam sumber penyakit.

"Sampah tersebut susah membusuk, karena kebanyakan sampah plastik" 

Walikota Cirebon Nashrudin Azis menegaskan, Pemkot akan memberikan sanksi denda maupun kurungan penjara bagi pelanggar lingkungan atau buang sampah sembarangan.

"Sebagai efek jera, Pemkot Cirebon meminta bantuan Polres Ciko guna membantu penegakan hukum dalam penanganan sampah untuk mem back up Satpol PP menegakan sangsi sesuai perda" tegas Walikota.

 

Editor : Miftahudin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network