Memprihatinkan, Pantai Kesenden Cirebon Dipenuhi Sampah Plastik Yang Berserakan

Riant Subekti
Sampah di pantai kesenden Cirebon terlihat berserakan dan menumpuk (foto: riant subekti)

KOTA CIREBON, iNews.id – Pemandangan di pesisir Pantai Kesenden Kota Cirebon cukup memprihatinkan. Terlihat sepanjang muara dipenuhi tumpukan sampah plastik.

Suasana pantai yang seharusnya indah, namun terganggu tumpukan sampah. Mulai plastik hingga limbah lainnya. Lurah Kesenden, Ruliyanto mengatakan, ada beberapa faktor penyebab. Biasanya sampah terbawa dari hulu Sungai Kedungpane.

“Limbah rumah tangga terbawa aliran sungai sampai ke hilir dan terjebak di pinggir laut, ” kata Ruliyanto, saat di temui di kantor kelurahan setempat, Rabu (22/9/2021).

Menurut Ruliyanto, sampah yang ada di tengah laut lalu terdampar ke pinggiran pantai terbawa gelombang juga menjadi faktor tumpukan sampah di bibir pantai kesenden.

Dia juga meminta kesadaran masyarakat ditingkatkan dalam menjaga kebersihan lingkungan masing-masing. “Banyak faktor sebetulnya, itu yang menyebabkan garis bibir pantai Kesenden penuh sampah,” ujarnya.

Untuk mengatasi persoalan itu, Kelurahan Kesenden akan berkoordinasi dengan Pemkot Cirebon, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon dan instansi terkait.

Sebelumnya, Wali Kota Cirebon Nasrudin Azis kepada menegaskan, pihaknya akan memberikan sanksi denda maupun kurungan penjara bagi pelanggar lingkungan atau buang sampah sembarangan.

“Sebagai efek jera, Pemkot Cirebon meminta bantuan Polri terhadap penjatuhan sanksi. Jadi, kami akan minta Polres Cirebon Kota untuk membantu penegakan hukum dalam penanganan sampah untuk mem-back up Satpol PP yang menegakkan sanksi sesuai Perda,” tegasnya.

Azis menyebutkan, pantai di Kota Cirebon sepanjang 7 km sebenarnya bisa dijadikan potensi wisata.

 

Editor : Miftahudin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network