Ini Hasil Pantauan Hilal di Pantai Baro Gebang Cirebon

Dede Kurniawan
Pantauan Hilal Di Pantai Baro Gebang (Foto: Istimewa)

KABUPATEN CIREBON, iNews.id - Dalam menentukan 1 Ramadan, pemerintah melalui kementerian Agama melakukan pantauan hilal di beberapa titik di penjuru Indonesia. Salah satu tempat yang menjadi pantauan hilal ada di Kabupaten Cirebon yakni di pantai Baro, yang berada di Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon.

Dari pantauan hilal yang dilaksanakan pada Jumat (1/4/2022), hilal tidak terpantau lantaran tertutup awan dan derajat ketinggian.

"Pantai Baro Gebang, Kabupaten Cirebon, hilal tidak terlihat, ini karena faktor cuaca yang tidak mendukung, derajat hilalnya hanya 2. Untuk itu hasil ini akan kita laporkan ke Kemenag pusat, sebagai salah satu dasar pengambil keputusan dalam sidang isbat nanti," ujar Ketua Badan Hisab dan Ruhyat Daerah (BHRD) Kabupaten Cirebon, Dr KH Syamsudin, kepada awak media.

Dikatakan Syamsudin, untuk penentuan awal bulan puasa pihaknya tetap akan menunggu hasil sidang isbat yang dipimpin langsung oleh Menteri Agama.

"Namun untuk sementara dari beberapa pantauan hilal yang dilakukan belum ada laporan yang sudah melihat hilal," tandasnya.

Editor : Miftahudin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network