KOTA CIREBON, iNewsCirebon.id - Hingga Jumat (20/12/2024) PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon melaporkan telah terjual 8.069 tiket dari total 74.576 tempat duduk yang disediakan selama libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025. Angka tersebut baru mencapai 10% dari total kapasitas yang tersedia. Dengan demikian, masih ada 66.507 tiket yang bisa dipesan oleh calon penumpang.
Manager Humas Daop 3 Cirebon, Rokhmad Makin Zainul, menjelaskan bahwa pihaknya akan mengoperasikan 7 perjalanan kereta api selama periode libur Nataru yang berlangsung mulai 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025. Rinciannya, 6 perjalanan merupakan kereta reguler (2 Argo Cheribon, 1 Ranggajati, dan 3 Kaligung) dan 1 kereta fakultatif (Argo Cheribon Fakultatif) dengan optimalisasi formasi rangkaian.
"Selama masa libur Nataru 2024/2025, wilayah Daop 3 Cirebon melayani 123 perjalanan kereta api per hari, termasuk 30 perjalanan tambahan," ujar Rokhmad.
Diperkirakan, sebanyak 118.474 penumpang akan menggunakan layanan kereta api di wilayah Daop 3 Cirebon selama periode libur Nataru. Puncak arus penumpang diprediksi terjadi pada 29 Desember 2024. Rokhmad pun mengimbau masyarakat untuk segera memesan tiket dengan memperhitungkan waktu liburan mereka agar tidak kehabisan.
Tiket kereta api untuk libur Nataru ini sudah dapat dipesan sejak 45 hari sebelum tanggal keberangkatan melalui berbagai kanal resmi seperti aplikasi Access by KAI, situs resmi KAI, layanan pelanggan CC121, dan mitra resmi KAI lainnya.
"Jika tiket pada tanggal yang diinginkan sudah habis, calon penumpang dapat mempertimbangkan tanggal alternatif, memilih kereta lain, atau menggunakan fitur connecting train pada aplikasi Access by KAI," tambahnya.
Rokhmad juga mengingatkan para penumpang untuk mematuhi aturan mengenai barang bawaan. Setiap penumpang diperbolehkan membawa bagasi dengan berat maksimal 20 kg dan volume maksimal 100 dm³, dengan dimensi barang tidak lebih dari 70 cm x 48 cm x 30 cm. KAI mengimbau agar penumpang membawa barang secukupnya demi kenyamanan perjalanan.
Bagi yang membutuhkan informasi lebih lanjut, pelanggan dapat menghubungi kanal resmi yang disediakan KAI.
Editor : Miftahudin
Artikel Terkait