Pantau Langsung ke Lapangan, Dirjen Imigrasi Silmy Karim turut Jaga Konter di Bandara Soetta

Riant Subekti
Pantau Langsung ke Lapangan, Dirjen Imigrasi Silmy Karim turut Jaga Konter di Bandara Soetta. Foto : Istimewa

TANGGERANG, iNewsCirebon.id - Dirjen Imigrasi Silmy Karim memanfaatkan akhir pekan dengan berbeda. Sementara sebagian pegawai menyambut awal long weekend, ia mengambil sif jaga konter pemeriksaan paspor di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang pada Sabtu (14/9/3024). Silmy datang pagi-pagi ke Soetta, sekitar pukul 05.00 WIB. Ia datang dengan setelan penjaga konter paspor menggunakan seragam hitam dengan atribut Imigrasi. Silmy lebih dulu memimpin apel, lalu menjelaskan bahwa sifnya berjalan dari pagi sampai siang, pukul 06.00 sampai 14.00 WIB. “Pas weekend saya ngapain ya, Liburan enggak jadi, jadi ya saya ambil kesempatan untuk ikut menjaga di konter,” ujar Silmy Karim selaku Dirjen Imigrasi Kemenkumham.

 

Silmy mengaku ingin ikut memantau dan mengecek dinamika perlintasan di Bandara Soetta secara langsung. Ia ingin merasakan bercengkerama langsung dengan pelancong yang keluar dan masuk ke Indonesia. “Merasakan gimana dinamika di konter menghadapi pelintas, melihat beragam fasilitas dan ini pengalaman merupakan yang menyenangkan,” ucapnya. 

 

Lebih lanjut Dirjen Imigrasi Silmy Karim dengan semangat menjaga konter pemeriksaan paspor di Bandara Soekarno Hatta Tangerang Banten dengan men-scanning paspor pelintas sambil menyapa dan mengobrol dengan para pelintas “Ibu, assalamualaikum, Ibu mau ke mana?” sapa Silmy ramah kepada salah satu calon penumpang.

“Umrah, Pak,” jawab pelintas itu ketika Silmy mengecek dan mengecap paspornya. 

“Ini umrah pertama, Bu, Paspornya juga baru bikin ya bu ? Ucap Silmy.

Ia lanjut menanyakan daerah asal pelintas tersebut, juga mendoakan keselamatan dan kelancaran ibadah umrah bagi ibu itu. Semua ia lakukan sambil memvalidasi paspor. “Sehat-sehat ya, Ibu. Selamat jalan,” kata Silmy mengembalikan paspor calon penumpang tersebut sambil tersenyum. 

 

Di sela-sela antrean pelintas di konter, Silmy menunjukkan cara kerja konter dan aplikasi Imigrasi di Bandara. Ia memperlihatkan fitur aplikasi pengecekan paspor, khususnya yang terkait dengan daftar pencekalan. Aplikasi tersebut akan memvalidasi dengan cara di-scanning, lalu memunculkan data para penumpang seperti status paspor, riwayat, perjalanan, daftar cekal, dan data Interpol. “Nah, ini aktif tidak dalam daftar cekal, Interpol juga tidak,” jelas Silmy memperlihatkan salah satu status paspor pelintas yang sedang ia validasi. “Berarti Bapak orang-orang baik-baik,” ujar Silmy kepada calon penumpang yang hendak ke Singapura. 

 

Silmy berjaga di konter nomor 5 itu untuk 8 jam kerja di sif pertama. Ia menganggap waktu menjaga konter sebagai rekreasinya. Kesempatan itu juga digunakan Silmy untuk mengecek fasilitas dan peralatan penjaga perlintasan. “Biar merasakan ada masalah apa yang perlu perbaikan, dan melihat peralatannya masih bagus atau enggak; kemudian ini aplikasinya baru kan, versi 4.0.4, nah ini juga menyangkut kecepatan,” tutur Silmy. 

 

Silmy pun menikmati sekali perannya sebagai penjaga konter paspor hari ini dan berharap semua pelayanan di bandara bisa lebih baik dan maksimal baik sekarang maupun kedepannya.” Kami akan maksimalkan pelayanan dengan baik dan optimal untuk masyarakat, kalau ada keluhan laporkan saja,” ungkapnya.

Editor : Miftahudin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network