Kemhan dan Kementan Gelar Sosialisasi Pencetakan Sawah Satu Juta Hektar di Wanam

Riant Subekti
Kemhan dan Kementan Gelar Sosialisasi Pencetakan Sawah Satu Juta Hektar di Wanam. Foto : Istimewa

MERAUKE - Kementerian Pertahanan dan Kementerian Pertanian Republik Indonesia menyelenggarakan sosialisasi di Kampung Uli-uli, Distrik Ilwayab, terkait program pemerintah dalam Pembangunan Lahan Pangan (Food Estate), pembangunan akses jalan, dan dermaga di Distrik Ilwayab, Merauke, Papua Selatan, pada Rabu (14/8).

Dansatgas BKO Ketahanan Pangan Kementan RI, Mayjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos., S.H., M.Han., yang didampingi oleh Sekjen PSP Kementan RI, Dr. Ir. Hermanto, M.P., menjelaskan kepada sekitar 30 warga bahwa pemerintah akan melakukan pencetakan sawah seluas satu juta hektar di Merauke.

Mayjen Rizal mengungkapkan bahwa Kabupaten Merauke memiliki lahan yang luas, datar, dan subur. "Oleh karena itu, Kabupaten Merauke, khususnya Distrik Ilwayab, akan dibangun lahan persawahan, terutama untuk lahan padi," ujar Rizal di gedung serbaguna Kampung Uli-uli.

Lebih lanjut, Mayjen Rizal menambahkan bahwa pembangunan jalan dan dermaga sangat penting karena akan menjadi akses bagi alat berat untuk masuk. "Pembangunan jalan tidak hanya untuk akses alat berat, tetapi juga memudahkan masyarakat dalam bepergian ke kampung atau distrik tetangga," tambahnya.

Jenderal bintang dua tersebut juga menjelaskan bahwa luas lahan pertanian yang akan dibangun mencapai satu juta hektar hingga Distrik Ngguti. "Pembangunan jalan juga akan mencapai Distrik Ngguti. Tentu hal ini akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat, dengan kondisi jalan yang lebih baik di masa depan. Empat distrik akan terhubung dengan jalan yang layak," jelas Rizal kepada masyarakat.

Jenderal Rizal berharap bahwa proyek nasional ini mendapatkan dukungan dari masyarakat dan tokoh adat sehingga pekerjaannya dapat berjalan lancar, dan hasilnya dapat segera dinikmati, memberikan kemakmuran bagi masyarakat Merauke dan Kampung Uli-uli pada khususnya.

Editor : Miftahudin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network