KAI Salurkan Program TJSL, Bagi Ibu Hamil dan Balita Untuk Pencegahan Stunting

Riant Subekti
KAI Salurkan Program TJSL, Bagi Ibu Hamil dan Balita Untuk Pencegahan Stunting. Foto : Riant Subekti

KOTA CIREBON, iNewsCirebon.id - Dalam rangka mendukung program pemerintah untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat, PT KAI Daop 3 Cirebon menyalurkan bantuan TJSL berupa pemberian makanan tambahan (PMT) bagi ibu hamil dan balita sebagai upaya untuk pencegahan Stunting di Indonesia. Bantuan tersebut secara simbolis diberikan di Klinik Mediska Cirebon, pada Sabtu (11/05), kepada ibu hamil dan balita dari Posyandu Tanda Barat (Dahlia dan Mawar) Kelurahan Kebon Baru Kecamatan Kejaksan wilayah kerja Puskesmas Nelayan.

KAI berkomitmen tidak hanya berfokus pada kegiatan bisnis semata, tetapi juga memberikan manfaat pada bidang kesehatan dalam upaya peningkatan kualitas dan derajat kesehatan masyarakat melalui program TJSL yang menyentuh langsung aspek kehidupan masyarakat. Program TJSL dalam penurunan angka stunting ini dilakukan, baik dalam bentuk pelayanan kesehatan, sosialisasi kesehatan kepada ibu hamil, penyuluhan kesehatan tumbuh kembang anak, pemeriksaan kesehatan gigi, USG kehamilan maupun pemberian makanan tambahan (PMT) untuk mengurangi persentase angka stunting.

 

“Sebanyak 100 ibu hamil dan 350 balita diberikan makanan tambahan (PMT), seperti biskuit, susu, dan multivitamin sebagai upaya untuk mengurangi dan mencegah angka stunting masyarakat Indonesia dengan total penyaluran sebesar Rp 44.980.400,-” ujar Rokhmad Makin Zainul, Manager Humas KAI Daop 3 Cirebon.

 

Dalam ceremonial kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Puskesmas Nelayan, para ibu hamil dan para orang tua balita penerima bantuan. Adapun bantuan yang diberikan nantinya akan dikelola dan dipantau oleh kader serta ahli gizi UPTD Puskesmas Kejaksan melalui 12 Posyandu yang berada di Kelurahan Kebon Baru Kecamatan Kejaksan agar program ini tepat sasaran dan efektif.

 

Program ini dapat mendukung salah satu tujuan pembangunan berkelanjutan SDGs (_Sustainable Development Goals_) yang digadang oleh negara-negara yang tergabung dalam PBB, yaitu menciptakan kesehatan yang baik dan kesejahteraan masyarakat.

 

"Kami percaya bahwa dengan bersama-sama, kita dapat melakukan perubahan positif dalam menangani isu-isu kesehatan kritis seperti stunting. KAI berharap bahwa upaya ini dapat menjadi inspirasi bagi unsur-unsur lainnya untuk ikut serta dalam menjawab tantangan sosial yang dihadapi masyarakat, khususnya di wilayah Kota Cirebon," tutup Rokhmad.

 

Turut hadir dalam kegiatan penyaluran TJSL KAI pemberian makanan tambahan untuk balita dan ibu hamil, Kepala Puskesmas Nelayan, dr. Mohammad Taufik, didampingi Manager Kesehatan KAI Daop 3 Cirebon dan jajaran peramedis Klinik Mediska Cirebon.

 

Editor : Miftahudin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network