Ciki Ngebul Makan Korban Puluhan Anak, Dinkes Jabar Tetapkan Darurat Medis

Mery
Ciki Ngebul Makan Korban Puluhan Anak, Dinkes Jabar Tetapkan Darurat Medis. Foto: iNews.id

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Ciki ngebul makan korban puluhan anak hingga mendapat perawatan medis,  Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat (Dinkes Jabar) tetapkan kedaruratan medis atau dalam pengawasan lapangan terhadap makanan ciki ngebul.

Dinkes Jabar juga sudah menyebar surat edaran ke Dinkes kota/kabupaten di Jabar agar tetap waspada dengan kasus ciki ngebul. Hal ini menyusul dengan surat edaran dari Kementerian Kesehatan pada 3 Januari 2023.

Diketahui, ada puluhan anak mendapatkan perawatan medis usai mengonsumsi jajanan ciki ngebul di Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Bekasi.

Dinkes Jabar juga mengimbau Dinkes kota/kabupaten untuk melaporkan penemuan kasus serupa. Selain itu, Dinkes Jabar juga akan melakukan penyelidikan epidemiologi terkait kasus keracunan ciki ngebul.

Menurut Ketua Tim Kerja Surveilans dan Imunisasi Dinkes Jabar, Dewi Ambarwati, kandungan cairan nitrogen ini sangat membahayakan lambung.

Hal ini dikarenakan cairan nitrogen akan menimbulkan luka bakar dingin di bagian lambung hingga menyebabkan luka serius.

Dinkes jabar juga mengimbau orangtua untuk mengawasi jajanan anak-anaknya agar tidak mengonsumsi jajanan ciki ngebul supaya tidak menimbulkan keracunan.

 

Editor : Miftahudin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network