Doa Ketika Turun Hujan Lengkap Arab dan Latin Berikut Artinya

Riant Subekti
Doa Ketika Turun Hujan, Lengkap Arab dan Latin. Foto : iNewsCirebon/Riant Subekti

CIREBON, iNewsCirebon.id - Membaca doa ketika turun hujan sangat dianjurkan dengan harapan hujan yang turun menjadi berkah dan membawa manfaat bagi makhluk hidup.

Doa turun hujan dibaca sebagai permohonan agar terhindar dari bencana yang diakibatkan oleh turunnya hujan. Selain itu juga sebagai bentuk syukur atas hujan yang membawa berkah bagi alam.

Doa turun hujan arab, latin dan terjemahannya perlu diketahui agar bisa menghayati dan memahami maknanya ketika memanjatkan doa.

Berikut bacaan doa turun hujan arab, latin dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia, disertai manfaat hujan bagi makhluk hidup, dirangkum dari berbagai sumber :

Terdapat doa turun hujan arab, latin dan terjemahannya yang sering dibaca. Doa ini termasuk doa yang paling umum dibaca ketika turun hujan. Berikut bacaan doanya:

Doa Turun Hujan 1

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

Allahumma shoyyiban nafi’an.

Artinya: Ya Allah turunkanlah kepada kami hujan yang memberi manfaat. 

Doa Turun Hujan 2

Ketika turun hujan disertai angin kencang, doa yang perlu dibaca adalah seperti hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Bahwa Rasulullah SAW selalu membaca doa ini ketika turun hujan disertai angin kencang.

Allohumma inni as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a’udzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih.

Artinya: Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan dari angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau datangkan bersamanya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya.

Doa Turun Hujan Arab 3

Selain itu, doa turun hujan arab juga menyebutkan permohonan perlindungan kepada Allah ketika turun dengan sangat lebat. Ketika takut saat hujan turun dengan lebat, bacalah doa turun hujan berikut ini:

 

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا ، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالظِّرَابِ ، وَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ ، وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

 

Allahumma hawalaina wala ‘alaina. Allahumma ‘alal akami wad-dhiraabi, wa buthunil auwdiyati, wa manabitis-syajari.

Artinya: Ya Allah turunkan hujan ini di sekitar kami jangan di atas kami. Ya Allah curahkanlah hujan ini di atas bukit-bukit, di hutan-hutan lebat, di gunung-gunung kecil, di lembah-lembah, dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan.

Doa Turun Hujan 4

Apabila hujan turun disertai petir, maka bacalah doa seperti yang tertulis dalam hadis Imam Malik, bahwa Rasulullah SW membaca doa ini saat hujan disertai petir.

Subhaanalladzii yusabbihur ro’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.

Artinya: Maha Suci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbihlah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepada-Nya. 

Manfaat Hujan bagi Makhluk Hidup

Allah SWT menurunkan hujan bukan tanpa alasan. Hujan yang turun sangat bermanfaat bagi kehidupan makhluk hidup di muka bumi. Selain memanjatkan doa ketika turun hujan, kita juga dianjurkan mengucap rasa syukur karena turunnya hujan membaca berkah dan manfaat.

Berikut beberapa manfaat hujan bagi makhluk hidup, antara lain:

-Menyuburkan tanaman.

-Menumbuhkan biji-bijian di dalam tanah.

-Persediaan air minum.

-Mendukung keberhasilan dalam bercocok tanam.

-Sumber tenaga listrik.

-Menghemat air tanah.

-Menjaga kelangsungan hidup manusia, hewan dan tumbuhan.

-Memperbaiki kualitas udara.

-Sumber perekonomian sebagian masyarakat.

 

Editor : Miftahudin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network