Intip Kisah Sukses Pendiri Es Teler 77 Sukiyatno Nugroho, Hingga Miliki 300 Cabang

Iksan Permana SP
Intip Kisah Sukses Pendiri Es Teler 77, Sukiyatno Nugroho, Miliki 300 Cabang ( Foto : Istimewa)

Mereka memutuskan menikah pada 1971. Setelah menikah, dia mencoba banyak hal, mulai dari bekerja sebagai seorang calo Surat Izin Mengemudi (SIM) hingga jadi pemborong proyek perumahan. Namun dia justru memiliki banyak utang sehingga membuatnya jatuh miskin dan tidak bisa menyekolahkan anaknya.

Kendati demikian, dia tak putus asa. Dengan modal Rp1 juta dan resep es teler dari mertuanya, Murniati Widjaja yang pernah memenangi lomba membuat es teler di majalah, dia memutuskan berjualan es teler, dan memberi nama tokonya dengan nama Es Teler 77.

Dia mulai dari kedai kecil di emperan pusat perbelanjaan Duta Merlin, Jakarta Pusat. Namun karena tidak mampu membayar sewa, dia terpaksa pindah.

Sukyatno akhirnya membuka Es Teler 77 di tempat lain yang lebih bersahabat, yakni di sebelah gedung pertokoan Gajah Mada Plaza. Di sana, Es Teler 77 mulai berkembang pesat. Mertuanya kemudian mendirikan perusahaan CV Es Teler 77 untuk membantu melebarkan sayap bisnis Sukyatno.

Meski sudah cukup besar dan memiliki beberapa cabang di pusat perbelanjaan Ibu Kota, Es Teler 77 harus kalah dengan restoran asing yang lebih diprioritaskan karena dinilai memberikan keuntungan lebih besar. Namun dia dan keluarganya tetap berjuang hingga naluri bisnisnya yang tajam menemukan konsep waralaba pada 1987.

Es Teler 77 menjadi bisnis makanan cepat saji asli Indonesia pertama yang menerapkan sistem waralaba. Cabang pertama di luar Jakarta dibuka di Solo. Mulai dari situ, usahanya semakin besar dan berkembang, banyak orang yang ingin bekerja sama dan membuka cabang-cabang baru di sejumlah kota di Indonesia.

Editor : Miftahudin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network