Logo Network
Network

Cerita Mitos Curug Putri Palutungan Kuningan, Air Terjun Menyerupai Sosok Bidadari

Jhon Mifetakh
.
Kamis, 07 Oktober 2021 | 11:52 WIB

KUNINGAN, iNews.id -Curug Putri merupakan tempat rekreasi yang berada di daerah Kabupaten Kuningan Jawa Barat, tepatnya di daerah Palutungan tepat di bawah kaki Gunung Ciremai, di lokasi ini menawarkan tempat wisata alam yang memanjakan para pengunjung dengan keindahan alam yang masih rindang. Namun tahukah anda curug putri kaya akan cerita legenda dan mitos yang berhubungan erat berkitan dengan mistis?

Curug putri memiliki tinggi sekitar 20 meter dikelilingi pepohonan dan tebing yang sejuk, konon jika dilihat dari kejauhan curug putri bisa terlihat menyerupai penampakan putri yang memakai gaun berwarna putih panjang.

Menurut cerita yang beredar Curug Putri konon merupakan tempat pemandian bidadari, yang turun dari kayangan.

Jika turun hujan maka muncul pelangi yang akan terlihat didekat pepohonan sekitaran Curug Putri, itu menandakan bahwa keberadaan bidadari ada di sekitar curug. Semenjak kejadian tersebut maka masyarakat sekitar memberikan nama yaitu Curug Putri.

Menurut warga setempat Iyus Rusmana, pada zaman penjajahan belanda para kolonial pernah mendiami kawasan tersebut, bukti peninggalanya yaitu adanya bekas pabrik teh dikawasan sekitar wisata Curug Putri.

Mitos yang beredar dilingkungan masyarakat mereka percaya bahwa ketika kita mempunyai hajat atau pun keinginan dan datang mengunjungi Curug Putri, maka keinginan mereka akan terpenuhi seperti jodoh ataupun rejeki akan segera terpenuhi.

Para pengunjung sering mengalami kejadian yang tidak mereka harapkan, entah itu melihat, mendengar, merasakan ataupun mengalami kejadian yang kurang masuk akal seperti melihat seorang putri yang sedang mandi tetapi ketika didekati tiba tiba menghilang.

Adapun ketika para pengunjung mengambil gambar karena ingin ber swafoto dan pada saat mereka melihatnya kembali tanpa sadar ada objek lain yang kelihatanya janggal seperti penampakan wanita berbaju putih yang sedang duduk dipinggir kolam.

Adapun yang lebih parah lagi ketika ada anak sekolah yang bertujuan camp yang diadakan pihak sekolahnya dan pada malam hari kegiatan perkemahan siswa siswa kesurupan masal, itulah mitos yang sering terjadi di kawasan wisata Curug Putri Palutungan.

"Menurut cerita yang berkembang, sosok seorang putri tersebut, dulu nya adalah gadis belanda yang memiliki wajah yang rupawan dan menikah dengan pria pribumi, saat akan dinikahkan wanita tersbut dimandikan di curug tersebut agar kecantikan nya makin bersinar," ujarnya.

Sementara Pengelola obyek wisata sekaligus manajer Curug Putri, Cecep Murod menjelaskan, dari sekian banyaknya mitos yang beredar, ada juga wahana wahana yang bisa membuat para pengunjung betah untuk menghabiskan waktunya bersama keluarga, pasangan atau teman diobjek wisata curug putri.  "Kami menyediakan tempat lokasi camping, aneka warung makan hingga fasiltas bagi pengunjung yang membutuhkan," ujarnya.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Bagikan Artikel Ini