5 Olahraga yang Cepat Menurunkan Berat Badan, Nomor 2 Populer Saat Pandemi Covid-19

Rio Eristiawan
.
Kamis, 07 Oktober 2021 | 14:40 WIB
Kegiatan berolahraga.(Foto:Ist)

JAKARTA, iNews.id – Ada 5 olahraga yang cepat untuk menurunkan berat badan. Salah satunya sangat mudah dilakukan. Terdapat beberapa jenis olahraga yang cepat menurunkan berat badan untuk mencapai berat badan ideal. Dengan rutin berolahraga dapat menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh terlebih dimasa pandemi Covid-19. 

Selain itu, olahraga juga terbukti dapat membakar kalori untuk mencapai berat badan yang ideal banyak orang yang mencari jenis olahraga yang cepat menurunkan berat badan mereka. Seperti yang diketahui, semua jenis olahraga yang dilakukan bisa berdampak pada pembakaran kalori di dalam tubuh. 

Hanya saja, beberapa jenis olahraga tertentu yang memiliki dampak lebih besar dalam membakar kalori dan lebih cepat untuk menurunkan berat badan. Lantas apa olahraga apa saja yang mampu menurunkan berat badan dengan cepat. 

Berikut 5 Olahraga yang Cepat untuk Menurunkan Berat Badan: 

1. Jogging 


 

Pilihan olahraga yang cepat untuk menurunkan berat badan salah satunya adalah Jogging dan lari yang bagus untuk membantu menurunkan berat badan. Meski terlihat mirip bagi sebagian orang, tetapi olahraga ini memiliki perbedaan yang paling terlihat adalah kecepatan jogging umumnya antara 6,4-9,7 km/jam, sedangkan lari memiliki kecepatan waktu lebih cepat yaitu 9,7 km/jam. 

Menurut sebuah penelitian seseorang dengan berat badan 70 kg mampu membakar sekitar 298 kalori per 30 menit jogging dengan kecepatan jogging 8 km/jam. Sementara, seseorang dengan berat badan yang sama mampu membakar 372 kalori per 30 menit, saat berlari dengan kecepatan 9,7 km/jam. 

Bagi seseorang yang baru ingin memulai jogging atau lari, dianjurkan melakukan olahraga ini selama 20-30 menit dalam kurung waktu 3-4 kali per minggunya. Tetapi jika merasa jogging atau lari di luar ruangan terasa berat, cobalah untuk berlari di permukaan yang lebih lembut seperti rumput ataupun tanah. 

2. Bersepeda 

Pilihan olahraga yang cepat untuk menurunkan berat badan kedua adalah bersepeda, yang merupakan olahraga populer di masa pandemi Covid-19. 

Selain menyenangkan, bersepeda dapat meningkatkan kebugaran tubuh dan menurunkan berat badan. Sebuah Penelitian memperkirakan bahwa seseorang dengan berat 70 kg mampu membakar sekitar 260 kalori per 30 menit menggunakan sepeda statis dengan kecepatan sedang. Sementara itu, seseorang dengan berat sama dapat membakar 298 kalori per 30 menit saat bersepeda dengan kecepatan sedang, atau sekitar 19-22,4 km/jam. 

Manfaat lain bersepeda tidak hanya baik untuk menurunkan berat badan, tetapi bersepeda secara rutin dapat meningkatkan kebugaran yang lebih baik secara keseluruhan seperti meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi risiko penyakit jantung serta kanker. 

3. Berjalan Kaki 

Selanjutnya adalah berjalan kaki yang bagus untuk menurunkan berat badan dan juga sangat mudah dilakukan. Salah satu olahraga yang cepat untuk menurunkan berat badan ini tidak membutuhkan perlengkapan atau pakaian khusus untuk berjalan kaki, selain itu berjalan kaki juga bisa dilakukan di mana dan kapan saja. 

Dengan menargetkan waktu berjalan kaki selama 30 menit setiap harinya, sudah bisa membakar kalori yang ada di tubuh. Menurut penelitian, berjalan kaki dengan durasi ini mampu membakar setidaknya 167 kalori dalam tubuh. 

4. Yoga 

Olahraga yang cepat untuk menurunkan berat badan keempat adalah Yoga, seperti yang kita tahu umum Yoga dilakukan secara bersama-sama, tetapi ini bisa dilakukan sendirian. 

Terlebih, saat ini sudah banyak video-video di internet yang dapat mengajarkan bagaimana melakukan yoga sendiri ketika berada dirumah, jadi tidak perlu merasa khawatir harus melakukannya tanpa instruktur. 

Masih banyak yang belum mengetahui Yoga sebenarnya terbukti bisa menurunkan berat badan, walaupun jumlah kalori terbakar tidak terlalu banyak seperti olahraga lainnya. Melakukan Yoga selama 40 menit mampu membakar sekitar 149 kalori yang ada didalam tubuh. 

Selain itu, Yoga juga bermanfaat bagi kesehatan mental serta bisa lebih mengontrol tubuh dan menahan hawa nafsu, misalnya nafsu makan makanan yang kurang sehat atau berlebihan. Hal ini tentu baik untuk membantu mengatur pola makan saat  melakukan diet. 

5. Pilates 

Olahraga terakhir adalah Pilates meski gerakan yang ada hampir serupa dengan Yoga, tapi ini merupakan versi lebih modern yang hadir sebagai bentuk latihan fisik yang berfokus pada rehabilitasi dan penguatan bagian tubuh. 

Olahraga yang cepat untuk menurunkan berat badan ini menggabungkan serangkaian gerakan lambat dan pernapasan dalam. Bagi pemula yang ingin melakukan Pilates Untuk, latihan ini terbilang cukup mudah. 

Latihan pilates pemula biasanya dilakukan selama 30 menit mampu membakar sekitar 108 kalori, sementara untuk latihan lanjutan bisa membakar hingga 168 kalori. Salah satu manfaat latihan ini adalah untuk membantu pemulihan tubuh setelah mengalami cedera, menguatkan bagian sendi yang lemah, serta mengurangi nyeri pada punggung. 

Editor : Sazili Mustofa
Bagikan Artikel Ini