get app
inews
Aa Read Next : Menguak Misteri Lokasi Desa Penari di Film KKN, Sederet Tanda Ini Jadi Petunjuknya

Sultan Kacirebonan IX Membuka Acara Ngunjung Buyut Cabuk di Desa Warukawung

Jum'at, 13 Mei 2022 | 17:51 WIB
header img
Sultan Kacirebonan IX Hadiri dan Membuka Acara Ngunjung Buyut Cabuk di Desa Warukawung (Foto: Yana)

KABUPATEN CIREBON, iNews.id - Sultan Kacirebonan IX Pangeran Raja Abdul Ghani Natadiningrat SE menghadiri acara Kirab Budaya dan Tapak Tilas Ngunjung Buyut Cabuk di desa Warukawung Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon, Jumat (13/5/22).

Sultan Kacirebonan IX Pangeran Raja Abdul Ghani Natadiningrat SE mengatakan kedatangannya dalam rangka menghadiri ngunjung buyut cabuk, yang mana acara ini merupakan napak tilas karuhun.

"Alhamdulillah masyarakat disini antusias dalam menjunjung tinggi buyut cabuk ini,"ucap Pangeran Raja Abdul Ghani Natadiningrat.

Pangeran Raja Abdul Ghani mengatakan acara rutin ini digelar agar tertanam rasa memiliki desa ini dan merasa bangga sesuai dengan amanah buyut.

Selain itu, lanjutnya, agar anak cucunya menjadi anak cucu yang dilindungi oleh Allah SWT

"Intinya menghargai leluhur dalam rangka untuk semangat kita membangun negeri ini," pungkasnya.

Sementara itu, Kuwu Desa Warukawung, Agung mengatakan, tradisi Ngunjung Buyut Cabuk merupakan salah satu ajang silaturahmi bagi masyarakat diingkungan wilayah Desa Warukawung, mereka duduk berkumpul.

"Acara Ngunjung Buyut jelas akan semakin mempererat ukhuwah islamiyah dengan harapan akan tetap kuat jalinan persatuan dan kesatuan hubungan antara pemerintahan desa dengan warga masyarakat semakin erat," ungkapnya.

“Warga dengan warga akan terjalin komunikasi yang baik dan semakin erat sehingga jalinan silaturahmi semakin kuat pula,” imbuhnya 

Selain itu, lanjutnya, acara Ngunjung Buyut Cabuk merupakan simbol penghormatan dan penghargaan masyarakat dilingkungan wilayah desa Warukawung kepada para leluhurnya.

"Terima kasih kepada Sultan Kacirebonan IX Pangeran Raja Abdul Ghani Natadiningrat yang sudah bisa menyempatkan waktunya menghadiri acara Ngunjung Buyut Cabuk ini,"ucapnya.

Dengan kegiatan adat tradisi Ngunjung Buyut Cabuk diharapkan Desa Warukawung berjalan lancar, tertib, aman dan kondusif. 

"Semoga kita semua diberi oleh Allah SWT kemudahan, kelancaran, keselamatan, kesehatan dan rezeki yang berlimpah serta dijauhkan dari bala atau musibah, desa Warukawung semakin maju dan mandiri dengan masyarakat di lingkungan wilayah desa Warukawung yang sejahtera,” pungkasnya

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut