get app
inews
Aa Read Next : Bertahan di Masa Pandemi, Warga Kesenden Cirebon Ramai-ramai Budidaya Ikan Lele

Akibat Pandemi Covid-19 Berdampak Tingginya Harga Pakan Ikan Lele

Kamis, 23 September 2021 | 19:56 WIB
header img
Pembudidaya Ikan lele di desa Kertasura, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon, mengeluhkan tingginya harga pakan (foto: dede kurniawan)

KABUPATEN CIREBON, iNews.id - Pembudidaya Ikan lele di desa Kertasura, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon, mengeluhkan tingginya harga pakan saat Pandemi seperti sekarang ini. Harga pakan sendiri saat ini sudah mencapai Rp 345 Ribu per karung (30 kg).

Mas Ari warga Blok 3 desa Kertasura, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon, mengaku dampak pandemi sangat dirasakan oleh dirinya dan 50 pembudidaya ikan lele lainnya di desa Kertasura dimana, daya beli masyarakat terhadap ikan lele juga sangat rendah sekali.

"Kalau untuk pemasaran, meliputi Cirebon dan beberapa daerah di Jawa Tengah, sekali kirim itu biasanya 1 ton, tapi sekarang hanya beberapa kuintal saja," ujar Ari, saat ditemui, Kamis (23/9/2021).

Selain mengeluhkan turun nya penjualan, Ari juga mengeluhkan harga pakan yang cukup tinggi, sedangkan harga jual lele per Kg cuma diangka Rp 14 ribu. "Solusinya saat ini kita coba menggunakan pakan alimi, untuk menutupi biaya produksi yang tinggi sekali," jelasnya.

Selama pandemi juga ditambahkan Ari, dirinya dan pembudidaya ikan lele yang ada di Kertasura ini belum pernah mendapatkan perhatian dari Pemerintah. "Belum ada perhatian apapun dari Pemerintah, hanya ada yang ke sini, mengaku nya penyuluh, tapi sampe sekarang tidak pernah datang lagi," tutupnya.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut