get app
inews
Aa Read Next : Kenali Mutasi Virus Zika lebih Berbahaya dari Covid-19, Begini 6 Gejala yang Ditularkan Lewat Nyamuk

Siklus Haid Berubah Setelah Vaksin Covid-19, Ini Penjelasan Ahli

Minggu, 19 September 2021 | 10:53 WIB
header img
Vaksin Covid-19.(Foto:Ist)

JAKARTA, iNews.id - Vaksinasi menjadi hal yang penting dilakukan selama pandemi Covid-19 melanda dunia. Namun tak dipungkiri vaksinasi kerap diikuti oleh efek samping, yang sebagian besar tidak berbahaya dan hanya menunjukkan respons pada kekebalan tubuh Anda Biasanya respons tubuh hanya demam, kedinginan, sakit kepala, nyeri otot, dan nyeri di tempat suntikan.

Lalu benarkah, laporan terbaru yang menunjukkan vaksin Covid-19 juga dapat membawa perubahan pada siklus haid atau menstruasi?

Sampai saat ini, vaksin Covid-19 membawa perubahan dalam siklus menstruasi atau tidak adalah topik masih diperdebatkan. Namun, sebuah laporan yang diterbitkan dalam British Medical Journal yang dilansir Times of India, Minggu (19/9/2021), menyatakan bahwa ada kemungkinan hubungan antara perubahan siklus menstruasi dan vaksin Covid-19.

BACA JUGA:

Telat Datang Bulan, Mungkinkah Alami PCOS?

Akan tetapi, masalah tersebut memerlukan penyelidikan lebih lanjut. Penulis tajuk rencana, Dr Victoria Male, dari Imperial College London, mengaitkan masalah tersebut dengan respons kekebalan tubuh, dan juga bahan yang terkandung dalam vaksin.

Menstruasi tertunda, pendarahan yang lebih banyak atau tidak terduga adalah beberapa efek samping yang diduga dari vaksin Covid-19 pada wanita.

Meskipun, perubahan siklus menstruasi seperti itu belum diakui sebagai efek samping vaksin, para ahli menuntut penyelidikan mengenai hal yang sama. Sampai sekarang, efek samping dari vaksin Covid-19 merupakan gejala ringan dan tidak mengkhawatirkan.

Konon, perubahan siklus menstruasi, meski mungkin mengkhawatirkan banyak wanita, mengingat pendarahan hebat atau jadwal yang tertunda, bukanlah masalah yang perlu dikhawatirkan. Beberapa wanita yang divaksinasi melaporkan perubahan siklus menstruasi hanya sementara. Siklus kembali normal pada periode berikutnya.

 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut