get app
inews
Aa Read Next : Bupati Indramayu Berhasil Tarik Pajak Pertamina Balongan Rp.33,9 Milyar

Ramah Lingkungan, Kilang Pertamina RU VI Balongan Gunakan Gas Alam Untuk Bahan Bakar

Selasa, 31 Agustus 2021 | 17:20 WIB
header img
Kilang PT Pertamina RU VI Balongan Indramayu, Selasa (31/8/2021) (foto: istimewa)

INDRAMAYU, iNews - PT Pertamina Refinery Unit (RU) VI Balongan mulai menggunakan gas alam dari PT PGN Tbk selaku Subholding Gas Pertamina sebagai fuel atau bahan bakar dalam proses produksi di kilang setempat. 

Proses produksi di kilang Pertamina RU VI Balongan pun kini lebih ramah lingkungan.

Senior Supervisor Energy & Combustion Pertamina RU VI Balongan, Harun Al Rasyid mengatakan, penggunaan gas alam dari PGN ini perdana ditandai dengan pembukaan penyaluran gas pada Metering Station Gas di RU VI Balongan pada 27 Agustus 2021.

"Gas alam ini di-supply PGN ke RU VI berasal dari Sumatera yang dikirim melalui pipa bawah laut dan terhubung dengan jaringan pipa Pertamina di Pulau Jawa hingga ke Kilang Balongan," ujar dia berdasarkan keterangan tertulis yang diterima redaksi, Selasa (31/8/2021).

Lanjut Harun Al Rasyid, kini seluruh unit di Kilang Pertamina RU VI Balongan sudah sepenuhnya telah menggunakan gas alam sebagai energi dalam mengoperasikan Kilang.

Sebelumnya, kata dia, supply Gas dari Pertagas memang sudah ada, namun sekarang Pertamina RU VI kembali menambahkan penggunaan gas alam tersebut untuk menggantikan fuel oil.

"Saat ini kebutuhan gas alam dari PGN sendiri sebesar 10 MMSCFD dan akan terus meningkat sesuai dengan kemampuan kapasitas pipa yakni 30 MMSCFD," ucapnya.

Harun Al Rasyid menambahkan, banyak keuntungan yang didapat dengan memanfaatkan gas alam sebagai energi bahan bakar di Kilang Balongan. Diantaranya fuel oil yang tadinya dijadikan bahan bakar operasional, kini bisa diolah menjadi produk yang bisa meningkatkan margin perusahaan.

Selain itu, harga beli gas alam jauh lebih murah dibandingkan fuel oil maupun LPG, sehingga bisa meningkatkan efisiensi energi dan keuangan. 

Sementara itu, Unit Manager Communication, Relation and CSR Pertamina RU VI Balongan Cecep Supriyatna mengatakan, jika sebelumnya konsep kilang ramah lingkungan telah diwujudkan melalui penggunaan fuel oil sebagai bahan bakar kilang.

Kini, Pertamina RU VI Balongan semakin ramah lingkungan lagi karena mengganti fuel oil tersebut dengan gas alam. Menurut Cecep Supriyatna, dengan gas alam ini maka pembakaran yang dilakukan akan jauh lebih bersih dan sempurna.

Pertamina melalui Sub Holdingnya yaitu PT Kilang Pertamina Internasional pun berkomitmen untuk mewujudkan Green Refinery agar operasional kilang Balongan lebih ramah lingkungan. Bahkan dalam Visi Misi RU VI tertulis jelas bahwa RU VI dalam mengoperasikan kilang harus berwawasan lingkungan.

“Kami berharap dengan penerapan gas sebagai bahan bakar di Kilang bisa lebih bersahabat terhadap lingkungan, seluruh pekerja, dan masyarakat sekitar, serta turut membantu mewujudkan Visi RU VI menjadi Kilang Terkemuka di Asia Tahun 2025," ujar dia.

 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut