get app
inews
Aa Read Next : Video Bendungan Kuningan Sebagai Pengendali Banjir Jawa Barat dan Jawa Tengah

Bendungan Kuningan Senilai Rp 513 M Diresmikan Jokowi

Selasa, 31 Agustus 2021 | 16:42 WIB
header img
Jokowi meresmikan Bendungan Kuningan senilai Rp 513 Miliar (foto : istimewa)

KABUPATEN KUNINGAN, iNews.id - Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Kuningan yang berada di Kecamatan Cibereum, Kabupaten Kuningan, Selasa (31/8/2021).

 Dalam kesempatan tersebut Presiden yang didampingi oleh Menteri Kabinet Indonesia maju, Gubernur Jawa Barat dan juga Bupati Kuningan. "Alhamdulilah Bendungan Kuningan yang di bangun selama 7 tahun, dengan biaya Rp 513 Milyar hari ini selesai dan siap untuk di fungsikan," ujar Jokowi sapaan akrab Joko Widodo dalam siaran yang di unggah akun YouTube Sekertariat Presiden. 

Jokowi juga mengatakan, kapasitas tampung dari bendungan Kuningan ini adalah 25.9 juta M3. Selain itu Bendungan Kuningan ini juga akan mensuplai air untuk irigasi pertanian bagi 3.000 Ha sawah yang ada di Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

"Jika suplai air untuk irigasi tetap terjaga, petani bisa menambah frekuensi tanamnya dan dari 1 kali setahun, menjadi 2 atau 3 kali tanam dalam setahun," katanya.

Dengan meningkatnya frekuensi tanam, dikatakan Jokowi, juga dapat meningkatkan kesejahteraan bagi para petani. Bendungan Kuningan juga menurut Jokowi dapat menjaga ketahanan, mengendalikan banjir serta menjadikan air baku sebanyak 0.30 M3 per detik dan juga menghasilkan listrik 0.5 mwatt.

"Saya minta agar bendungan ini disambung dengan penataan jalur irigasi mulai dari saluran primer, saluran sekunder, saluran tersier sampai ke kuartet, hal ini penting agar kehadiran bendungan ini benar-benar bermanfaat bagi para petani," tandasnya.

Jokowi juga berharap adanya Bendungan ini bisa menjadi nilai tambah daerah, bukan hanya meningkatkan produksi pertanian namun bisa memudahkan air bersih untuk kebutuhan masyarakat.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut