get app
inews
Aa Read Next : Ayah Eki Seorang Polisi Ikut Berjuang Juga 8 Tahun Cari Pelaku Pembunuhan demi Keadilan Sang Anak

Para Penyandang Tunanetra di Indramayu Antusias Membaca Al-Quran Huruf Braille

Selasa, 24 Agustus 2021 | 18:52 WIB
header img
Para siswa penyandang tunanetra saat membaca Al-Quran braille di Sekolah Luar Biasa (SBL) Negeri 2 Indramayu di Jalan DI Panjaitan, Selasa (24/8/2021).

INDRAMAYU, iNews.id - Lantunan ayat suci Al-Quran terdengar merdu dibacakan oleh para siswa penyandang tunanetra di Sekolah Luar Biasa (SBL) Negeri 2 Indramayu di Jalan DI Panjaitan.

Para siswa itu, membaca Al-Quran di tengah kegelapan tidak bisa melihat dengan mengandalkan indra peraba. Jari telunjuk mereka, lihai meraba kertas yang merupakan Al-Quran model braille, mereka membaca ayat suci dengan lancar.

Pada Al-Quran braille ini, terdapat tulisan ayat Al-Quran yang ditulis menggunakan sistem titik atau benjolan kecil pada permukaan kertasnya.

 Benjolan kecil ini untuk membantu para penyandang tunanetra agar tetap bisa membaca Al-Quran walau tidak bisa melihat secara langsung. Hari ini, Relawan Inspirasi Rumah Zakat menginisiasi gerakan penyaluran wakaf Al-Quran braille di SLB setempat. Total ada 4 paket Al-Quran braille yang disalurkan.

"Satu paketnya berisikan 30 juz, ini merupakan amanah dari para donatur," ujar Relawan Inspirasi Rumah Zakat, Lastri Mulyani, Selasa (24/8/2021). Masih disampaikan Lastri Mulyani, pihaknya ingin bantuan tersebut dapat menjadi sarana dan prasarana bagi para siswa berkebutuhan khusus agar tetap bisa belajar mengaji.

Sementara itu, Kepala SLB Negeri 2 Indramayu, Elka Asmartuti mengatakan, total ada sebanyak 7 siswa penyandang tunanetra di sekolah yang dipimpinnya.  Adanya bantuan ini, menurutnya pun sangat membantu para siswa.

Terlebih, mereka sangat antusias dalam belajar mengaji. Para siswa itu bahkan rutin menghapal Al-Quran. "Jadi ketika mengaji, mereka memanfaatkan indra yang masih berfungsi, di antaranya pendengaran dan kemudian pemanfaatan inteligensi atau daya ingat, sehingga mereka dengan mudah menghapal Al-Quran," ujar dia.

 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut