get app
inews
Aa Read Next : Masyarakat dan Pihak Kepolisian Dapat Berperan Aktif Dalam Monitoring Kebijakan Harga Swab PCR

Vaksin Moderna Aman dan Halal, Berikut Persyaratannya

Kamis, 19 Agustus 2021 | 13:05 WIB
header img
Sosialisasi Vaksin Moderna Bagi Masyarakat Indramayu (Foto : Istimewa)

INDRAMAYU,iNews.id - Vaksin Moderna sudah mulai banyak digunakan di kalangan masyarakat luas dan saat ini terus disosialisasikan di berbagai daerah yang ada di Indonesia, tidak terkecuali Indramayu. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indramayu pun sudah mulai mensosialisasikan soal vaksin buatan Amerika tersebut.

Kepala Dinkes Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara mengatakan,pihaknya akan membuat link pendaftaran bagi masyarakat yang mau dan siap disuntik Vaksin Moderna.

"Kita sosialisasikan dulu terus nanti kita buat link pendaftaran bagi masyarakat yang mau dan siap," ujar dia, Kamis (19/8/2021).

Deden Bonni Koswara menjelaskan, Vaksin Moderna ini menggunakan salah satu bahan genetik virus (mRNA)yang memiliki efikasi sebesar 94,1 persen.

Vaksin Moderna bekerja dengan cara mengarahkan sel tubuh untuk memproduksi protein yang berbentuk sama seperti protein pada Covid-19. Sel-sel tubuh kemudian akan menghasilkan antibodi untuk melawan protein tersebut.

"Vaksin ini diberikan kepada sasaran dengan usia minimal 18 tahun sebanyak 2 dosis (0,5 ml) secara intramuskular dengan interval 4 minggu dari dosis pertama," ujar dia.

Adapun Kejadian Ikutan Paska Imunisasi (IKIP) dari Vaksin Moderna ini, biasanya bersifat ringan dan berlangsung singkat hanya beberapa hari tanpa perlu dilakukannya pengobatan.

Reaksi umum dari Vaksin Moderna, seperti sakit kepala, pegal-pegal, mual, nyeri sendi, kelelahan, demam, dan diare ringan. Lalu reaksi lokalnya seperti nyeri, kemerahan, bengkak, dan gatal pada bagian tubuh yang disuntik.

"Jika terjadi nyeri, kemerahan, bengkak, dan gatal kompres dengan air dingin. Jika terjadi demam kompres dengan air hangat, perbanyak minum air putih, serta istirahat. Jika dibutuhkan minum obat sesuai anjuran dokter," ungkapnya.

Bagi masyarakat yang ingin disuntik Vaksin Moderna ini tidak perlu takut, disampaikan Deden Bonni Koswara, vaksin ini aman dan halal.

"Vaksin ini gratis, untuk tempat nanti akan kami sampaikan saat Gform sudah terisi," ujar dia.

Berikut persyaratan masyarakat umum yang dapat mendaftar Vaksinasi Moderna:

1. Usia 18 tahun ke atas

2. Belum pernah mendapatkan vaksinasi Covid-19

3. Jika pernah terkonfirmasi Covid-19, sudah lebih 3 bulan

4. Dalam kondisi sehat dan bugar

5. Tidak alergi terhadap vaksin atau komponen vaksin

6. Tidak panas, batuk, pilek

7. Tidak sedang sakit berat, sesak napas, dan sering kelelahan

8. Tidak sedang mendapat pengobatan untuk penyakit gangguan pembekuan darah, kelainan darah, defisiensi imun, dan menerima produk darah atau transfusi

9. Tidak sedang mendapat pengobatan imunosupressan

10. Jika memiliki penyakit kronis, seperti penyakit autoimun atau lupus, darah tinggi, kencing manis, jantung atau asma harus dalam keadaan stabil. 

Diutamakan yang ada surat keterangan kondisi stabil dari dokter tempat kontrol rutin
11. Tidak digunakan untuk booster atau vaksin ke-3.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut