get app
inews
Aa Read Next : Mitos Nyi Roro Kidul Sebagai Ratu Laut Selatan Hingga Larangan Berbaju Hijau

Gereja Kristen Pasundan, Dibangun Tahun 1788 Hingga saat Ini Kokoh Berdiri

Sabtu, 19 Maret 2022 | 15:01 WIB
header img
Bangunan Gedung Gereja Kristen Pasundan Cirebon ini merupakan Benda Cagar Budaya (Foto: Ist)

KOTA CIREBON, iNews.id - Bangunan Gedung Gereja Kristen Pasundan Cirebon ini merupakan Benda Cagar Budaya lainnya yang terletak di Jl. Yos Sudarso, berada diantara Gedung Bank Indonesia dan Gereja Santo Yusuf.

Gedung Gereja Kristen Pasundan Cirebon ini lokasinya berada di pojok Jl. Yos Sudarso No. 10, Bersebelahan dengan Gedung Cipta Niaga Cirebon.

Sebagai kota pesisir, Cirebon secara ekonomi sangat penting bagi penguasa kolonial, sehingga tak heran ada banyak gedung dibangun di wilayah ini.

Gereja ini resmi berdiri pada 14 November 1934 dengan Rad Ageng (Majelis Besar) pertama diketuai oleh Penginjil J. Iken dari Nederlandse Zendelings Vereeniging (NZV) dari Belanda, penulis D. Abednego, dan bendahara Tan Goan Tjong.

Pada papan nama yang menunjukkan status gedung Gereja Kristen Pasundan Cirebon sebagai Benda Cagar Budaya, serta tahun 1788, yang merupakan perkiraan tahun pembuatan gedung gereja ini. Tahun perkiraan semacam itu biasanya merujuk pada selesainya bangunan gereja, bukan saat dimulai pembangunannya.

Umumnya bangunan tempat ibadah semacam ini pada awalnya merupakan bangunan sederhana, kadang adalah rumah tinggal yang berubah fungsi. Setelah anggota jemaat semakin banyak maka kemudian dibuat bangunan yang lebih besar dan representatif, bisa di tempat yang sama atau di tempat yang berbeda.

Bangunan Gereja Kristen Pasundan Cirebon ini berbentuk segi enam simetris dengan puncak mengerucut khas bangunan kolonial. 

Di samping pintu masuk terdapat sebuah pelat tembaga bertulis huruf berbahasa Belanda menempel dinding, yang sepertinya menunjukkan pemilik rumah sebelumnya, serta tahun pembuatan gedung ini.

Sayang tidak ditemukan catatan sejarah tentang kepemilikan dan pemakaian Gedung Gereja Kristen Pasundan Cirebon ini, serta siapa arsitek pembuatnya.
 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut