Pelindo Regional 2 Cirebon Terima Aspirasi Warga Panjunan, Pelabuhan Kembali Beroperasi Normal

KOTA CIREBON, iNewsCirebon.id – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 2 Cirebon menyatakan kesiapan untuk menampung aspirasi masyarakat yang tergabung dalam Forum RW dan Rukun Nelayan Kelurahan Panjunan. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Manager Komersial dan Kepatuhan Bisnis Pelindo Cirebon, Bombom, pada Selasa (25/02).
"Pelindo Cirebon terbuka menerima aspirasi dari masyarakat Panjunan. Kami juga akan mengkoordinasikan aspirasi tersebut dengan manajemen, untuk menemukan solusi bersama," ujar Bombom.
Ia menambahkan bahwa Pelindo memahami keluhan yang disampaikan oleh masyarakat Panjunan. Saat ini, perusahaan fokus pada pengembangan kapasitas masyarakat melalui program pemberdayaan, seperti Program Kampung Berdikari yang telah diresmikan pada 11 Februari lalu. Program ini bertujuan untuk membangun kemandirian ekonomi, sosial, dan lingkungan bagi warga sekitar.
Bombom juga menyampaikan permohonan maaf apabila program tanggung jawab sosial (TJSL) yang telah dilakukan belum sepenuhnya memenuhi harapan masyarakat. Ia berharap program yang dijalankan secara bertahap dapat didukung oleh berbagai pihak agar memberikan manfaat lebih luas.
Terkait transparansi Corporate Social Responsibility (CSR) dan TJSL, Bombom menegaskan bahwa Pelindo sebagai BUMN mematuhi Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik.
"Pelindo telah menyediakan sarana informasi publik. Masyarakat dapat datang langsung ke kantor untuk meminta informasi atau mengakses website resmi di https://ppid.pelindo.co.id," jelasnya.
Sementara itu, menyikapi aksi penyampaian aspirasi warga Panjunan di Pelabuhan Cirebon pada Senin (24/02), Kepala Kantor KSOP Kelas II Cirebon, Ferry Anggoro Hendianto, mengonfirmasi bahwa sempat terjadi penutupan akses pelabuhan selama dua jam.
"Memang ada penutupan Pelabuhan Cirebon yang dilakukan oleh warga Panjunan, namun saat ini Pelabuhan Cirebon sudah kembali normal," ungkap Ferry.
Dengan kembali normalnya operasional Pelabuhan Cirebon, diharapkan koordinasi antara Pelindo, masyarakat, dan pihak terkait dapat terus terjalin untuk menciptakan solusi terbaik bagi semua pihak.
Editor : Miftahudin