get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Masyarakat Padati Kampanye Ganjar di Cirebon, Optimis Target di Jabar 45 Persen

Cirebon Dilanda Banjir: 20.000 Rumah di 9 Kecamatan Terendam, 83.000 Jiwa Terdampak

Kamis, 07 Maret 2024 | 08:48 WIB
header img
Warga Kabupaten Cirebon mengungsi akibat banjir. Foto: MPI/Abdul Rohman

CIREBON, iNewsCirebon.id - Banjir besar melanda Kabupaten Cirebon, Jawa Barat setelah diguyur hujan lebat pada Rabu (6/3/2024) malam. Sekitar 20.000 rumah terendam banjir di 9 kecamatan yang berbeda.

Selain karena hujan deras, banjir disebabkan oleh meluapnya Sungai Cisanggarung dan Sungai Ciberes yang mengalir di wilayah Timur Cirebon.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon, Deni Nurcahya, menyatakan bahwa pihaknya terus memantau sembilan kecamatan yang terkena dampak banjir.

“Dari data yang saya terima sampai saat ini, jumlah orang yang terkena dampak banjir mencapai 83.000 jiwa, dengan 20.000 rumah terendam di 36 desa dari 9 kecamatan," katanya saat dihubungi pada Rabu (6/3/2024) malam.

Menurutnya, sembilan kecamatan yang terkena dampak banjir adalah Waled, Pangenan, Pasaleman, Pabedilan, Babakan Gebang, Ciledug, Losari, Pabuaran, dan Karangwareng di Kabupaten Cirebon.

“Tinggi air bervariasi, namun rata-rata mencapai 1,2 meter," tambahnya.

Proses evakuasi terus dilakukan untuk warga yang terjebak banjir di rumah mereka, termasuk di Desa Sidaresmi, Kecamatan Pabedilan, Desa Ambit di Kecamatan Waled, dan Kecamatan Pasaleman.

“Kami terus berusaha untuk mengevakuasi warga yang terjebak di rumah mereka, membawa mereka ke tempat yang lebih aman," ucapnya.
 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut