get app
inews
Aa Read Next : Ayah Eki Seorang Polisi Ikut Berjuang Juga 8 Tahun Cari Pelaku Pembunuhan demi Keadilan Sang Anak

Kronologis Kerusuhan Berdarah, Polisi Dipenggal, Puluhan Orang Ditembak Mati

Jum'at, 07 Januari 2022 | 15:24 WIB
header img
Sejumlah tentara berjaga di Almaty, Kazakhstan, Kamis (6/1/2022), saat kota itu dilanda gelombang protes massa menyusul kenaikan harga bahan bakar gas. (Foto: Reuters)

KAZAKHSTAN, iNews.id - Kerusuhan di Kazakhstan masih berlanjut. Sebanyak 12 polisi di Almaty, kota terbesar di negara itu, dilaporkan tewas. Salah satu dari aparat yang menjadi korban jiwa itu bahkan ditemukan dalam kondisi kepala terpenggal. 

Keadaan Darurat Saluran berita negara Khabar-24, dengan mengutip kantor Kepolisian Almaty, melaporkan bahwa pada Kamis (6/1/2022) ini ada 353 aparat penegak hukum lainnya yang terluka. Sebelumnya, pejabat polisi setempat mengatakan, ada puluhan pengunjuk rasa tewas dalam serbuan terhadap gedung-gedung pemerintah. 

“Ada upaya (dari massa) untuk menyerbu gedung-gedung di Almaty pada malam hari dan puluhan penyerang telah dibubarkan,” kata Juru Bicara Polisi, Saltanat Azirbek, hari ini. 

Serbuan terhadap gedung-gedung pemerintah itu terjadi setelah kerusuhan yang meluas di Almaty pada Rabu (5/1/2022) kemarin. Massa pendemo menduduki gedung wali kota yang telah dibakar. 

Kazakhstan saat ini menghadapi aksi protes jalanan terburuk sepanjang sejarah negara itu sejak memperoleh kemerdekaan dari Uni Soviet tiga dekade lalu. Gedung-gedung pemerintah dibakar dan banyak aparat penegak hukum yang tewas. 

Sebuah aliansi militer yang dipimpin Rusia, Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO), menyatakan Kamis pagi bahwa mereka akan mengirim pasukan penjaga perdamaian ke Kazakhstan atas permintaan Presiden Kassym-Jomart Tokayev. 

Aksi protes massa yang kian meningkat, mengguncang Kazakhstan sejak Minggu (2/1/2022) lalu. Warga menentang kenaikan harga bahan bakar gas cair yang ditetapkan pemerintah.  Demonstrasi pada awalnya bermula di bagian barat negara itu, namun menyebar ke Almaty dan Ibu Kota Kazakhstan, Nur-Sultan.

 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut