CIREBON, iNews.id - Telkom Group mendukung Dewan Pers dan industri pers nasional dalam mengimplementasikan inovasi teknologi terkini bagi industri media, khususnya periklanan, dengan meluncurkan layanan digital bernama TADEX (Tanah Air Digital Exchange), sebuah premium programmatic advertising terbesar di Indonesia, Kamis (1/7/2021).
TADEX hadir sebagai solusi bagi para pelaku industri baik bagi kalangan publishers maupun advertisers dan pihak-pihak yang berkepentingan lainnya.
Layanan itu terbentuk sebagai hasil kolaborasi dua anak perusahaan Telkom Group yakni Telkomsel dan Metranet bersama dengan Dewan Pers.
Dalam peluncuran TADEX yang diselenggarakan secara virtual, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengatakan, pihaknya menyambut baik kolaborasi antara dewan pers, Task Force Media Sustainablity, dan Telkom Group yang menciptakan inovasi teknologi bagi industri media, khususnya periklanan dengan menghadirkan TADEX.
"Saya yakin TADEX akan memberikan angin segar karena menawarkan model bisnis periklanan digital berkelanjutan, membuka banyak peluang-peluang baru yang bermanfaat. Krhadiran TADEX menjadi momentum penting untuk melahirkan lompatan-lompatan baru, menciptakan ekosistem digital yang lebih baik, dan menjadikan Indonesia sebagai negara dengan kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara," ungkap Joko Widodo.
Pada kesempatan sama, Menteri BUMN Republik Indonesia, Erick Thohir mengatakan, pihaknya berharap semua harus optimis dan yakin, walau ada pelemahan konsumsi dan tantangan ekonomi, kebutuhan beriklan tidak akan hilang. "Yang ada tentunya terjadi pergeseran kebutuhan secara platform dengan cara beriklannya, yaitu dengan digitalisasi," katanya.
Platform ini merupakan premium publisher programmaticpertama karya anak bangsa yang tidak kalah dengan platform periklanan global lainnya, dimana TADEX hadir dari Indonesia untuk Indonesia. Ketua Dewan Pers Indonesia, Mohammad Nuh mengatakan, kehadiran TADEX sudah lama di impikan.
"Kolaborasi antar anak bangsa ini membuktikan bahwa sinergi membawa impossibility ini menjadi possibility. TADEX akan membangkitkan kepedulian kita tentang data, dimana data menjadi asset yang sangat luar biasa dan harus kita kelola dengan baik," terangnya.
Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah mengatakan, sebagai perusahaan telekomunikasi, Telkom telah mencanangkan diri untuk mendukung beragam ekosistem melalui optimalisasi teknologi digital, seperti UMKM, pendidikan, pertanian hingga pariwisata.
"Semoga kehadiran TADEX ini dapat mendukung industri periklanan Indonesia yang hadir dari, oleh dan untuk para pelaku industrinya sendiri, dan pada akhirnya mewujudkan kedaulatan digital Indonesia," ujarnya.
Editor : Miftahudin