get app
inews
Aa Read Next : Biadab!! Habib Palsu di Cirebon Diduga Cabuli Siswi SMP dan Sebarkan Video Asusila

5 Hewan Kanibal Pemakan Spesiesnya Sendiri, Nomor 4 Paling Sadis

Selasa, 29 November 2022 | 17:52 WIB
header img
5 hewan kanibal pemakan spesiesnya sendiri. Foto: Pinterest/Ginger Hill

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Ternyata ada sejumlah hewan yang menjadi kanibal bagi spesiesnya sendiri karena berbagai faktor.

Faktor tersering yang menyebabkan hewan-hewan itu menjadi pemangsa spesies sendiri diantaranya karena kekurangan sumber makanan dan mencari keturunan terkuat, disamping kondisi habitat mereka hidup.

Lantas, hewan kanibal apa saja yang kanibal memakan spesiesnya sendiri? Dilansir dari SindoNews, berikut beberapa hewan kanibal yang memangsa spesiesnya sendiri.

Hewan Kanibal Pemakan Spesies Sendiri

1. Udang Gammarus Duebeni


Gammarus Duebeni. Foto: iNews.id

Gammarus Duebeni merupakan sejenis udang air tawar, tergolong hewan kanibal yang memakan spesiesnya sendiri.

Udang air tawar yang terinfeksi parasit Pleistophora Mulleri akan membutuhkan lebih banyak makanan untuk bertahan hidup. Pada kondisi ini jika tidak bisa menangkap mangsanya, mereka akan beralih memangsa sejenisnya .

Gammarus Duebeni menyukai udang remaja karena lebih mudah ditangkap dan dimangsa, maka tidak jarang memakan beberapa anak mereka sendiri.

2. Hiu Harimau Pasir


Hiu Harimau Pasir. Foto: Wikipedia

Hiu Harimau Pasir atau Sand Tiger Shark tidak segan-segan untuk berbuat kanibal ke spesiesnya sendiri.

Sifat kanibal hiu ini sudah terlihat sejak masih di dalam kandungan yakni saat embrio pertama carcharias taurus mencapai ukuran tertentu, dia akan memangsa saudaranya yang lemah.

Sifat sadisnya juga terlihat saat memangsa sisa telur yang tidak dibuahi induknya sebagai makanan penutupnya.

Studi tahun 2013 menganggap perilaku kanibal ini didorong oleh faktor agar memperoleh keturunan terkuat sehingga bisa bertahan hidup lebih lama.

3. Hiu Orthacanthus


Hiu Orthacanthus. Foto: Pinterest

Hiu Orthacanthus memiliki gigi remaja berbentuk khas, yang merupakan ciri bahwa hiu ini merupakan Kanibalisme Filial atau kebiasaan mengerikan memakan anak-anaknya yang masih muda.

Dalam sebuah studi penelitian ditemukan kemungkinan Hiu Orthacanthus ini menggunakan saluran air pedalaman sebagai tempat pembibitan untuk melindungi dan membesarkan bayi-bayinya. Namun, setelah itu mereka akan memangsanya ketika kekurangan makanan.

4. Katak Dendrobates Tinctorius


Katak Dendrobates Tinctorius. Foto: Pinterest

Dendrobates Tinctorius merupakan katak beracun tersadis karena induk katak ini tega meninggalkan berudru baru dalam kolam yang penuh anggota spesies mereka sendiri.

Begitu anggota spesies lainnya lapar, mereka akan membunuh berudru tersebut sebelum memakannya.

5. Kuda nil


Kuda nil. Foto: iNews.id

Sebuah penelitian di African Journal of Ecology menggambarkan seekor kuda nil yang herbivora memakan bangkai salah satu dari jenis spesiesnya sendiri, tentunya hal ini sangat mengherankan.

Peristiwa itu terjadi lantaran Kuda nil membutuhkan asupan makanan yang cukup per harinya untuk bertahan hidup. Ketika sumber makanannya sulit didapat, mereka tidak punya banyak pilihan selain memakan apapun yang mereka temukan, termasuk spesies mereka sendiri.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut