get app
inews
Aa Read Next : Berikut Solusi Salah Transfer Uang, Ini Langkah yang Harus Segera Anda Lakukan

Berikut Tips Agar Membuat Uang Bekerja untuk Kita

Minggu, 06 November 2022 | 19:52 WIB
header img
Berikut Tips Agar Uang Bekerja untuk Kita. Foto : Istimewa

JAKARTA,iNewsCirebon.id - Simak tips berikut bagaimana cara membuat uang bekerja untuk kita, Ada banyak cara membuat uang bekerja untuk kita yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan kebebasan finansial di masa depan.  

Memiliki sumber penghasilan aktif sangat penting, namun penghasilan pasif pun harus tetap dicari agar kita bisa mandiri secara finansial. 

Oleh karena itu, kita perlu menyiasatinya dengan cara membuat uang bekerja untuk kita. 

Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut mengutip dari MNC Portal Indonesia, Minggu (6/11/2022). 

Cara Membuat Uang Bekerja untuk Kita

 

1. Mengubah Pola Pikir Terhadap Uang

Mengubah pola pikir dari menghabiskan seluruh waktu untuk mencari uang menjadi mengendalikan uang itu agar bisa mendatangkan keuntungan. Kita perlu menanamkan kesadaran bahwa kita harus memiliki strategi yang pintar dalam menghasilkan uang tanpa harus menghabiskan seluruh waktu yang kita miliki. 

 

2. Belajar Membuat Anggaran

Anggaran menjadi satu hal yang sangat penting dalam penanganan keuangan. Oleh karena itu, kita harus membuat anggaran untuk keuangan kita mulai dari mana pendapatannya dan apa saja alokasinya. 

3. Menghindari Utang

Salah satu hal yang harus dihindari ketika kita ingin menstabilkan kondisi keuangan kita adalah dengan menghindari utang. Sebab, saat kita memiliki utang kita memiliki start dari minus yang akan menyusahkan kita untuk mengelola keuangan dan berbagai alokasinya. 

4. Menyiapkan Dana Darurat

Menyiapkan dana darurat berarti kita membuat uang bekerja dengan cara yang lebih baik. Mengapa demikian? Sebab, dengan dana darurat ini, kita memiliki antisipasi yang baik ketika ada hal-hal di luar prediksi yang terjadi dan membutuhkan dana. 

5. Memikirkan Investasi yang Tepat

Investasi merupakan cara membuat uang bekerja untuk kita yang paling tepat. Dengan investasi, kita akan memiliki pendapatan pasif di luar pendapatan aktif yang kita alokasikan untuk kebutuhan sehari-hari. Memilih investasi yang tepat dapat membuat Anda memperoleh kestabilan finansial. 

Ada dua cara untuk membuat uang bekerja untuk kita melalui investasi. Kita dapat menjadikan pemasukan aktif sebagai sarana penambah uang di sektor riil dan pasar modal. Sektor riil bisa melalui usaha kecil-kecilan, berjualan, buka warung, arisan, berbisnis, dan lain sebagainya.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut