get app
inews
Aa Read Next : Lakalantas di KM 58 Tol Japek, 12 Orang Meninggal Dunia

Intip 4 Negara Dunia Polisinya Ternyata Berguru ke Indonesia

Jum'at, 04 November 2022 | 08:55 WIB
header img
Polres Cirebon Kota Luncurkan Mobil Pelayan Masyarakat Keliling. Foto : iNews Cirebon /Riant Subekti

JAKARTA,iNewsCirebon.id - 4 Negara yang Polisinya Ternyata Berguru Kepada Indonesia menarik untuk diulas, Sebagai lembaga penegak hukum, polisi menjadi garda terdepan dalam menjaga keamanan negara.

Polisi-polisi di Indonesia ternyata tak kalah lho dengan yang ada negara lain atau di film-film. 

Bahkan tidak sedikit polisi dari negara lain yang diam-diam berguru dengan polisi Indonesia.


Densus 88 Polri Melakukan Penggrebekan Tersangka Terorisme

 

Penasaran dengan negara yang diam-diam polisinya ternyata berguru kepada Indonesia? Berikut ulasannya merangkum dari MNC Portal Indonesia, Jumat (4/11/2022). 

 

1. Palestina

Negara yang diam-diam polisinya ternyata berguru kepada Indonesia adalah Palestina. Sebanyak 10 polisi Palestina mengikuti pelatihan mengenai cyber crime dari Polri. Salah satu alasan Palestina belajar cyber crime karena beberapa kali polisi Indonesia berhasil menyelesaikan kejahatan dunia maya.

Pelatihan ini juga dilakukan untuk untuk menepati janji pemerintah Indonesia dalam membantu meningkatkan sumber daya manusia di Palestina. Kerjasama ini diharapkan dapat berlanjut sehingga dapat jadi ajang tukar ilmu antara dua lembaga ini. ­­­­­

2. Afghanistan

Rupanya alasan polisi Afghanistan untuk berguru di Indonesia lantaran memiliki kasus permasalahan yang sama, yakni terorisme dan tindak kejahatan lainnya. Bagi Afghanistan, polisi di Indonesia lebih mampu dalam memerangi masalah tersebut.

Beberapa waktu lalu Afghanistan meminta khusus kepada Indonesia untuk melatih polisinya. Kurang lebih 353 anggota kepolisian Afghanistan akan mengikuti program pelatihan yang dilakukan oleh Polri.

3. Myanmar

Dengan banyak konflik di Myanmar membuat negara tersebut ingin meningkatkan kualitas sumber dayanya. Selain itu, kepedulian Indonesia terhadap masalah konflik di Myanmar juga membuat negara itu sangat tertarik membentuk kerja sama.

Negara ini ternyata kepincut dengan Densus 88 anti-teror di Indonesia lho. Negara tersebut juga memiliki kasus yang sama karena banyaknya kasus terorisme di Myanmar. Beberapa waktu lalu negara itu juga mengajukan proposal kerja sama untuk memberi pelatihan.

4. Beberapa negara ASEAN

Popularitas polisi di kancah ASEAN sudah tidak diragukan lagi. Banyak negara-negara seperti Filipina, Kamboja, Malaysia, Laos, Myanmar, Singapura, Thailand, hingga Vietnam yang mengirim beberapa pasukan kepolisiannya untuk belajar di Indonesia.

Program ini dibuat untuk meningkatkan kemampuan para polisi ASEAN dalam menangani masalah cyber crime serta investigasi ilmiah. Dalam pelatihan itu, kepolisian Australia dan Rusia juga ikut terlibat sebagai observer dalam agenda itu.

Demikian informasi mengenai 4 negara dunia Polisinya Berguru ke Indonesia, Ini membuktikan Kepolisian Indonesia tidak kalah profesional dengan negara negara maju dan besar lainnya loh! 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut