get app
inews
Aa Read Next : Kecelakaan Maut Vanessa Angel, Microsleep Bisa Berakibat Fatal bagi Pengemudi, Kenali Gejalanya

Sperma Anda Berwarna Kuning? Bisa jadi Ini Penyebabnya

Rabu, 02 November 2022 | 10:04 WIB
header img
Sperma Anda Berwarna Kuning, Bisa Jadi Ini Penyebabnya? Foto : Istimewa

JAKARTA,iNewsCirebon.id - Penyebab Sperma Berwarna Kuning Pada Pria akan dibahas dalam artikel kali ini, karena kemungkinan masih banyak pria yang belum terlalu paham mengapa sperma yang biasa berwarna putih bisa berubah jadi warna kuning

Sperma yang merupakan sel reproduksi pria yang mengandung kromosom, dan sangat berperan dalam sebuah proses fertilisasi atau pembuahan ini pada beberapa kasus ditemukan dengan warna kuning.

Diketahui warna sperma yang sehat atau normal memiliki warna putih, sedikit kuning atau abu-abu. Disamping itu, warna sperma ternyata bisa berubah. Hal ini biasanya mengindikasikan suatu penyakit, seperti warnanya yang kuning.

Disebutkan lebih lanjut, sperma berwarna kuning ini sebetulnya jarang terjadi. Namun, apabila hal Ini terjadi maka seperti dilansir dari Cleveland Clinic,Selasa (1/11/2022) kemungkinan dikarenakan oleh penuaan, pantang atau tidak adanya urin. Selain itu, infeksi, termasuk prostatitis, penyakit menular seksual (PMS) dan infeksi saluran kemih (ISK), juga bisa mengubah sperma menjadi kuning.

Maka dari itu, Anda harus segera memeriksakan diri ke layanan kesehatan apabila mengalami demam, nyeri saat buang air kecil, atau ejakulasi.

Berubahnya warna sperma jadi menguning tersebut, bisa didasari oleh beberapa faktor risiko. Masih dikutip dari Cleveland Clinic, penyebab sementara atau permanen dapat memberikan warna kekuningan pada sperma.

Lantas kondisi seperti apa yang menyebabkan sperma berwarna kuning? Beberapa kondisi medis menyebabkan sperma berwarna kuning. Masalah yang dapat menyebabkan sperma berwarna kuning antara lain.

 

1. Penyakit kuning:

karena orang dengan penyakit ini memiliki terlalu banyak bilirubin (produk limbah) dalam darah. Pigmen kuning ini terjadi secara alami ketika sel darah merah rusak. Hati Anda membantu memindahkan bilirubin keluar dari tubuh Anda. Bilirubin dapat menumpuk di darah Anda jika sel darah rusak terlalu cepat atau bisa juga memiliki penyakit hati seperti hepatitis, yang bukan hanya bikin kulit menguning tapi juga sperma.

2.Infeksi:

Bakteri di kelenjar prostat (seringkali dari infeksi saluran kemih (ISK)) dapat menyebabkan infeksi yang disebut prostatitis. Infeksi dapat mengubah sperma menjadi kuning.

3. Pyospermia:

Pyospermia (leukocytospermia) terjadi ketika ada banyak sel darah putih dalam sperma. Sel darah putih dapat merusak sperma, sehingga menghasilkan warna kuning.

4. Penyakit menular seksual (PMS):

Klamidia, herpes genital, gonore dan PMS lainnya dapat mengakibatkan warna kuning-hijau pada sperma.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut