get app
inews
Aa Read Next : Ringkasan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kota Cirebon Tahun 2023

Porsenitas 2022 Pangandaran, Kota Cirebon Kirim 39 Atlet

Selasa, 01 November 2022 | 10:16 WIB
header img
Kota Cirebon Kirim 39 Atlet pada Ajang Porsenitas 2022 di Pangandaran. Foto : Istimewa

KOTA CIREBON, iNewsCirebon.id - Pekan Olahraga dan Seni Wilayah Perbatasan (Porsenitas) ke-IX, akan berlangsung di Kabupaten Pangandaran, dari tanggal 1 hingga 4 November 2022.

Kabag Pemerintahan dan Kesra Kota Cirebon, Drs Sutisna MSi mengatakan ajang Porsenitas bertujuan untuk meningkatkan rasa kebersamaan, soliditas dan komunikasi yang akrab sesama perangkat daerah. 

"Serta ajang untuk kebugaran fisik melalui olahraga dan seni," kata Sutisna usai mengikuti acara pemberangkatan atlet Kota Cirebon pada Porsenitas ke-IX di halaman gefung Setda. Jl.Siliwangi, Kota Cirebon, Selasa (1/11/22) pagi.

Porsenitas ke IX, lanjutnya, bukan hanya berisi kegiatan olahraga dan seni antar daerah perbatasan saja, akan tetapi, memamerkan juga produk unggulan.   

"Produk unggulan daerah, merupakan produk berupa jasa dan barang dengan keunikan/ciri khas di tingkat desa/setingkat desa, kecamatan, kabupaten, dan provinsi, yang dihasilkan oleh koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)," jelasnya.

Sementara itu, Sutikno, Kadispora Kota Cirebon menyebutkan, sedikitnya 39 atlet diberangkatkan pada ajang Porsenitas tersebut.

"Gelaran Porsenitas ini ada yang bersifat eksibisi dan prestasi, untuk eksibisi diikuti pejabat sementara prestasi diikuti oleh atlet," tuturnya.

Kegitan Porsenitas diikuti 9 kabupaten/kota yang tergabung dalam Kunci Bersama, diantranya, Kabupaten Kuningan, Kabupaten/Kota Cirebon, Majalengka, Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Cilacap dan Brebes Provinsi Jawa Tengah.

"Ada 7 cabang olahraga yang dipertandingkan dan 2 cabor tradisional. Yakni bulutangkis, catur, tenis lapangan, tenis meja, balap sepeda, dayung tradisional, bola voli pantai, hadang (daluan) dan tarumpah (bakiak) panjang," sebutnya.

Lebih lanjut disampaikan, selain ajng olahraga, Porsenitas ini dimeriahkan pameran Dekranasda dan gelaran seni.

Pada kesempatan yang sama, Eti Herawati, Wakil Walikota Cirebon berharap, kegiatan tersebut dapat membangun kolaborasi, konsolidasi antar daerah.

"Mudah-mudahan bisa terjalin, komunikasi, kolaborasi, bisa meningkatkan komunikasi diantara teman-teman wilayah dan bisa memberikan semangat. Selamat berjuang," pungkasnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut