get app
inews
Aa Read Next : KPU Kabupaten Cirebon Persoalan KPPS 25 Desa Kaliwulu Miskomunikasi

Jadi Pilot Project Pemilihan Anggota BPD Babadan Digelar Secara Langsung

Rabu, 05 Oktober 2022 | 09:42 WIB
header img
Pemilihan Keanggotaan BPD Desa Babadan Digelar Secara Demokratis ( Foto : Riant Subekti)

KABUPATEN CIREBON, iNewsCirebon.id -Pemilihan keanggotaan Badan Permusyawaratan Desa ( BPD) untuk masa bakti 2022- 2028 di Desa Babadan, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon dilaksakan secara langsung

Diikuti 11 calon keanggotaan dari perwakilan 4 Rukun Warga (RW) setempat kegiatan berlangsung sukses tanpa ekses


Pemilihan Keanggotaan BPD Desa Babadan Dilakukan Secara Demokratis

Pemilihan sendiri digelar di Balai Desa Babadan, dengan hak pilih sebanyak 35 orang perwakilan dari berbagai lembaga desa dan tokoh masyarakat. 

Ketua Panitia Pemelihan Pengisian Keanggotaan BPD masa bakti 2022- 2028, Edi Ruhaedi mengatakan proses pemilihan langsung yang dilaksanakan tersebut sudah dimulai dari beberapa tahapan sebelumnya, dari mulai pendaftaran, penyaringan tingkat RT/RW hingga dipilih langsung di tingkat desa. 

"Ini adalah bentuk transparansi kami dalam pemilihan keanggotaan BPD secara Demokratis agar bisa di saksikan langsung oleh warga, dan alhamdulillah pemilihan ini berjalan sukses tanpa ekses" Sebut Edi Ruhaedi, Selasa(4/10/2022) malam. 

Di tempat yang sama Camat GunungJati, Kusdiyono mengapresiasi pemilihan BPD yang digelar secara langsung tersebut. 

"Tentunya kita apresiasi, ini akan kita jadikan pilot project percontohan di Kecamatan Gunung Jati bahkan tingkat Kabupaten nantinya, bahwa pemilihan BPD yang digelar secara demokratis ini bisa berjalan lancar," ujarnya kepada media iNewsCirebon, MNC Portal.

Sementara itu Kepala Desa Babadan, Kuwu Hanto mengucapkan selamat kepada keanggotaan BPD yang telah terpilih, tentunya dia berharap tugas BPD bukan hanya mengawasi namun juga mitra kepemerintahan desa. 

"Tentunya kita berharap kepada yang terpilih bisa bersama sama mengemban tugas dan membangun Desa Babadan kearah kemajuan," harapnya. 

Apresiasi juga datang dari tokoh masyarakat sekitar yang sekaligus anggota DPRD Kabupaten Cirebon, Pandi, dia berharap keanggotaan yang terpelih bisa bekerja secara maksimal untuk 6 tahun yang akan datang. 

"Selamat kepada yang terpilih, kami berharap bisa bekerja secara maksimal demi kemajuan Babadan," katanya. 

Ketua BPD terpilih masa bakti 2022-2028, H. Yana mengatakan meski bukan kali pertama dia terpilih kembali sebagai ketua, namun dia berharap kepada keanggotaan yang lain agar bisa bekerja sama lebih baik lagi. 

Acara pemilihan sendiri ditutup dengan doa bersama atas tragedi Kanjuruhan Malang, Jawa Timur yang menewaskan ratusan suporter sepakbola.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut