Kelebihan Gula Picu Masalah Sexual, Salah satunya Gairah Sex Menurun

Muhammad Sukardi
.
Rabu, 28 September 2022 | 10:55 WIB
Kelebihan Gula Picu Masalah Sexual, Salah satunya Gairah Sex Menurun (Foto : Istimewa)

JAKARTA,iNewsCirebon.id - Mengkonsumi gula berlebihan sudah begitu familiar dihubungkan sebagai pemicu timbulnya berbagai masalah kesehatan.

Mulai dari penyakit diabetes atau biasa disebut penyakit gula, obesitas, yang pada akhirnya merembet pada penyakit lainnya seperti jantung, tekanan darah tinggi, stroke, kantung empedu, dan lain sebagainya.

Namun bukan hanya itu, dampak dari konsumsi gula berlebihan bagi kesehatan. Sebab, konsumsi gula berlebihan juga dapat menimbulkan sederet masalah seksual loh!

Dijelaskan oleh sexologist dr. Imran Khan, mengonsumsi terlalu banyak gula dapat memengaruhi kehidupan seks seseorang. Melansir Lybarate, Selasa (27/9/2022) berikut paparan empat masalah seksual yang bisa timbul akibat kelebihan gula dalam tubuh.

1. Merusak gen yang mengatur hormon seks: Glukosa dan fruktosa disintesis di hati, yang mana kalau kebanyakan akan diubah menjadi lemak. Ketika tingkat sintesis lemak naik, ini memengaruhi SHBG atau globulin pengikat hormon seks dalam tubuh. Gen ini lah yang bertanggung jawab mengatur kadar testosteron dan estrogen dalam tubuh. Oleh karena itu, mereka yang mengalami kondisi gula darah tinggi sangat rentan terhadap masalah

2. Menurunkan kadar testosteron: Seseorang yang tidak membatasi asupan gula harian dalam waktu yang panjang meningkatkan risiko penurunan kadar testosteron yang berarti. Ini juga menyebabkan resistensi insulin yang pada akhirnya dapat memengaruhi jumlah testosteron. "Ketika kadar testosteron terus berkurang dalam tubuh, itu berhubungan dengan gangguan fungsi seksual seperti disfungsi ereksi dan juga mengurangi gairah seks Anda,” kata dr. Imran

3. Kelelahan dan penurunan tingkat energi: Makanan tinggi gula menyebabkan lonjakan sementara gula darah, yang pada akhirnya menyebabkan kelelahan dan bisa mengurangi gairah seks. Masalah lanjutan bisa juga muncul, yakni kadar Orexin juga ikut bisa berkurang. Orexin bertugas mengatur perasaan gairah dalam tubuh. Tak heran, orang yang terlalu banyak makan atau minum manis cenderung lesu.

4. Meningkatkan stres: Sedang stres lalu makan dan minum manis? Salah! Ketika sedang stres dan malah mengonsumsi pangan tinggi gula, itu malah memicu stres jadi meningkat. Meningkatnya stres ini sebagai akibat dari asupan gula berlebih karena kadar insulin tinggi, ini menyebabkan tubuh memproduksi kortisol atau hormon stres. Terlalu banyak kortisol dalam tubuh menurunkan libido.

 

Editor : Miftahudin
Bagikan Artikel Ini