get app
inews
Aa Read Next : Sidang PK, Saksi Dede Mengaku Telah Diarahkan Memberikan Keterangan Palsu Oleh Aep Dan Iptu Rudiana

PPnBM Periode Dua Dongkrak Pasar Otomotif

Selasa, 08 Juni 2021 | 21:34 WIB
header img
Aktivitas disebuah dealer mobil masih terlihat ramai meski saat ini masih Pandemi Covid-19. (Foto : Istimewa)

CIREBON, iNews.id - Penetapan relaksasi pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) 50 persennya bagi mobil berkpasitas silinder mesin dibawah 1.500 cc saat ini sudah memasuki fase kedua.

Sedangkan, penetapan relaksasi pajak 100 persennya pada fase pertama mendapat respon positif dari kalangan konsumen berkeinginan memiliki mobil berkapasitas mesin 1.500 cc tersebut.

Branch Manager Rejeki Toyota Cabang Cirebon Tommy Tansil mengungkapkan, untuk saat ini respon konsumen terhadap Surat Pesanan Kendaraan (SPK) unit Toyota masih cukup tinggi.

"Sekalipun untuk pemberlakuan PPnBM periode pertama telah berakhir pada bulan Mei kemarin, dan untuk Juni ini merupakan periode ke dua. Namun, respon konsumen melakukan SPK Toyota saat ini masih sangat tinggi," terang Tommy Selasa (8/6/2021).

Tommy mengatakan, bila mengacu pada SPK yang masuk, penjualan Toyota pada bulan sebelumnya didominasi oleh model yang mendapat insentif PPnBM."Dalam dua bulan kemarin dari stok kendaraan, seperti Toyota Raize telah seluruhnya terdelivery ke konsumen.Termasuk untuk Toyota Innova yang pada bulan sebelumnya kita masih bisa menjual 10 unitan. Namun, pada bulan Mei penjualannya naik jadi 20 unit," tukasnya.

Meski relaksasi PPnBM periode ke dua hanya ditetapkan 50 persennya.Namun pihaknya berharap tidak akan mengurangi niat masyarakat memiliki kendaraan.

"Sebenarnya SPK yang masuk ke kami masih bagus, meski darii relaksasi yang diterapkan pemerintah pada periode ke dua ini hanya 50 persennya. Dan kami berharap, melihat pada perkembangan industri otomotif setelah Lebaran pada Juni ini, daya beli masyarakat semakin membaik," ungkapnya.

Dengan penetapan relaksasi 50 persennya pajak pada periode kedua ini, Rejeki Toyota mulai melakukan update price list mobil baru.,"Pasti dengan adanya relaksasi pajak 50 persennya ini akan ada penyesuaian dan penurunan harga, walaupun tidak bisa sama dengan relaksasi pajak 100 persennya yang telah ditetapkan pemerintah sebelumnya," jelasnya.

Di dealer Rejeki Toyota saat ini ada beberapa model kendaraan berkpasitas silinder mesin dibawah 1.500 cc yang mendapat relaksasi PPnBM 50 persennya itu, mulai dari Toyota Avanza, New Yaris, Rush, Sienta dan Raize. Sedangkan, kendaraan berselinder diatas 1.500 cc sampai 2.000 ccc, yakni Fortuner dan Toyota Innova. 

 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut