get app
inews
Aa
Read Next : Ketua PBNU Rangkul Khilafatul Muslimin, Sambut Positif Imbauan Wamenag Lakukan Pembinaan Cinta NKRI

Ormas Kota Cirebon Deklarasi Anti Radikalisme, Siap Jaga NKRI

Selasa, 26 Juli 2022 | 12:51 WIB
header img
Deklarasi Sejumlah Organisasi Masyarakat di Kota Cirebon Tolak Radikalisme ( Foto : Riant Subekti)

KOTA CIREBON, iNews. Id -Kegiatan Wawasan kebangsaan cinta Tanah Air dan Ideologi Pancasila serta jatidiri Bangsa guna tercipta Kota Cirebon yang Berintan diikuti oleh unsur Ormas, OKP dan LSM, Tokoh Agama, Adat dan Tokoh Masyarakat di Hotel Intan Kota Cirebon, Selasa (26/7/2022).

Wawasan kebangsaan ini memberikan gambaran terhadap peserta seminar tentang kecintaan terhadap tanah air yang diwujudkan dengan kehidupan sehari hari dengan menciptakan situasi yang kondusif, menolak segala bentuk kegiatan yang akan memecah belah bangsa serta menciptakan Kota Cirebon yang berintan

Untuk memantapkan wawasan berbangsa dan bernegara demi mewujudkan Persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam ikatan negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945.

Kegiatan wawasan kebangsaan tersebut dibuka oleh Walikota Cirebon Drs H Nasrudin Azis SH yang diwakili oleh Staf Ahli Walikota bidang Hukum dan Politik Budi Suherman.

Hadir juga dalam kesempatan ini Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Cirebon Drs Buntoro Tirto AP MM, Ust Andi Mulya, Ust Al Marwi, R Irwan Herlambang serta tokoh Agama dan tokoh Adat.

Dalam sambutannya Walikota Cirebon menyampaikan Atas nama Pemerintah Daerah Kota

Cirebon, saya menyambut baik terselenggaranya kegiatan ini. Saya sangat bersyukur dan memberikan apresiasi yang tinggi atas komitmen dari saudara-saudara semua untuk menjaga Kota Cirebon agar tetap kondusif. Komitmen tersebut hari ini diwujudkan deklarasi pernyataan sikap

lewat penolakan radikalisme. Hal ini menegaskan bahwa tidak ada ruang bagib berbagai ide yang mengancam disintegrasi dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada kesempatan ini, perlu saya sampaikan bahwa radikalisme dant erorisme saling berkaitan. Namun, hubungan keduanya ada yang langsung, ada pula yang tidak langsung.

Tidak langsung dalam artian ada pemahaman yang sama bahwa suatu konsepsi yang berbasis fanatisme agama

atau politik harus menjadi pilihan satu-satunya untuk ditegakkan dalam kerangka

bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Pada kesempatan ini dilakukan juga deklarasi penolakan segala bentuk radikalisme oleh para hadirin. 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut