get app
inews
Aa Read Next : Bocah Depresi di Cirebon Dapat Perhatian dari Presiden Jokowi

Buah Asal Indonesia yang Mendunia

Jum'at, 29 Oktober 2021 | 14:23 WIB
header img
Aneka buah asal Indonesia (Foto : Doc. Okezone)

CIREBON, iNews.id - Indonesia dikaruniai dengan tanah subur sehingga beragam jenis tanaman dapat tumbuh dengan baik, oleh karenanya dunia luar menjuluki Indonesia sebagai 'Tanah Surga'. 

Begitu banyak tumbuhan buah-buahan yang melimpah di tanah air Indonesia ini, namun banyak juga penduduk Indonesia yang belum mengetahui buah asli Indonesia. 

Berikut buah-buahan asli Indonesia yang mendunia : 

1. Rambutan 

Rambutan adalah tanaman tropis yang tergolong ke dalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae. Kata "rambutan" berasal dari bentuk buahnya yang mempunyai kulit menyerupai rambut. 

Buah ini terkait erat dengan leci dan memiliki penampilan dan rasa yang mirip. Dalam bahasa Inggris juga memiliki sebutan sama yakni disebut Rambutan. 

2. Manggis 

Manggis adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal dari Semenanjung Malaya dan menyebar ke Kepulauan Nusantara. Dalam bahasa Inggrisnya disebut Mangosteen. 

Tumbuh hingga mencapai 7 sampai 25 meter. Buahnya juga disebut manggis, berwarna merah keunguan ketika matang, meskipun ada pula varian yang kulitnya berwarna merah. 

Rasanya agak manis dan asam dari manggis membuat buah ini cukup menjadi favorit untuk sebagian orang. 

Buah ini juga telah menjadi bagian penting dari pengobatan Asia selama ribuan tahun dan dimakan mentah. 

3. Salak 

Salak adalah sejenis palma dengan buah yang biasa dimakan, asli dari Indonesia. Banyak orang beranggapan salak berasal dari Thailand. 

Dalam Bahasa Inggris, salak karena memiliki kulit mirip dengan sisik ular sehingga kerap disebut Snake Fruit. 

4. Karika 

Pepaya dieng atau karika adalah kerabat pepaya yang menyukai keadaan dataran tinggi basah, 1.500–3.000 m di atas permukaan laut. Dikenal dalam sebutan bahasa Inggris adalah Carica dan sampai sekarang orang Indonesia familiar dengan menyebutnya Carica. 

Di wilayah Wonosobo tanaman ini biasa disebut Carica, dan di Bali tanaman ini disebut Gedang Memedi. 

5. Kedongdong 

Kedondong adalah tanaman buah yang tergolong ke dalam suku mangga-manggaan. Kedondong ini merupakan tanaman buah yang umumnya banyak sekali terdapat di seluruh daerah tropis dan termasuk kedalam angiospermae. 

Biasanya dalam bahasa Inggris menyebutnya dengan Ambarella, Ataheitte apple / Great hot plum.Memiliki daging yang renyah dan sedikit asam tidak mengurangi kandungan yang ada di dalam buah ini. 

Buah dengan kaya akan vitamin C ini menjadi buah yang sangat digemari orang Indonesia untuk dijadikan rujak.

Buah yang dipercayai dapat meningkatkan sistem pencernaan dan juga membantu menyembuhkan anemia ini tersedua di banyak pasar tradisional hingga supermarket di Indonesia. 

6. Durian 

Durian adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya yang bisa dimakan. 

Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah "raja dari segala buah" (King of Fruit). 

Durian adalah buah yang kontroversial, meskipun banyak orang yang menyukainya, tetapi sebagian yang lain malah muak dengan aromanya. 

7. Jambu air 

Buah yang satu ini juga merupakan jenis buah-buahan yang biasa ditemui dalam bentuk olahan rujak. Daging buah dari jambu air berwarna putih dan berwarna merah untuk kulit luarnya. Selain merah, jambu air juga mempunyai kulit luar berwarna putih dan hijau. 

Untuk jambu air yang berwarna merah, varian ini cenderung mempunyai rasa yang lebih manis jika dibandingkan dengan varian yang berwarna hijau atau putih.  

Buah asli Indonesia ini terkenal dengan nama internasional, Java Apple. Buah yang satu ini juga cukup mudah ditemui di pasar-pasar tradisional ataupun supermarket.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut