get app
inews
Aa Read Next : Viral Video Warga Kuningan Tantang Pegang Pasien Covid-19

Cahaya Misterius dan Dentuman di Gunung Raung

Sabtu, 05 Juni 2021 | 17:19 WIB
header img
Tangkapan layar cahaya misterius di Gunung Raung. (Foto: Istimewa/PPGA Gunung Raung)

BANYUWANGI,iNews.id - Cahaya misterius tertangkap kamera pengawas CCTV muncul di Gunung Raung dan viral di media sosial. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menduga cahaya disertai suara dentuman itu merupakan meteor yang jatuh dari angkasa ke bumi.

Cahaya misterius itu tertangkap kamera dan citra satelit Himawari pada Jumat (4/6/2021), sekitar pukul 19.50 WIB. Benda yang diduga kuat meteor besar ini hanya melintasi Gunung Raung. Dari sanalah meteor ini akhirnya tertangkap citra satelit Himawari lantaran meteor menerangi awan rendah.

"Berdasarkan citra CCTV, analisis saya, tampaknya itu adalah meteor besar yang menerangi awan di dekatnya. Arah datang meteor di medan pandang CCTV dari arah bawah. Artinya lintasannya mengarah posisi CCTV," kata Kepala LAPAN Thomas Jalaluddin, Sabtu (5/6/2021).

Thomas menjelaskan, dari citra satelit Himawari, meteor menerangi awan rendah atau sekitar 6 kilometer (km), yang tidak tampak pada citra awan tinggi (di atas 10 km) dan memantulkan cahaya matahari yang belum lama terbenam.

"Gelombang kejut tampaknya berkaitan dengan laporan suara dentuman," tuturnya.

Sebelumya sebuah cahaya misterius terekam kamera CCTV pengawas di Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung pada Jumat malam 4 Juni 2021, sekitar pukul 19.51 WIB.

Tangkapan layar cahaya misterius ini pun viral beredar di media sosial. Fenomena tersebut juga disertai suara dentuman di sekitar Gunung Raung.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut