Logo Network
Network

5 Bagian Tubuh Ayam yang Sebaiknya Dihindari Untuk Dikonsumsi

Tim Liputan
.
Minggu, 17 Oktober 2021 | 15:38 WIB
5 Bagian Tubuh Ayam yang Sebaiknya Dihindari Untuk Dikonsumsi
Olahan ayam merupakan favorit bagi kebanyakan orang (Foto : Jhon Mieftakh)

CIREBON, iNews.id - Ayam dikenal kaya akan protein hewani yang dibutuhkan oleh tubuh. Harganya juga cukup terjangkau dan dapat diolah menjadi berbagai menu masakan seperti ayam goreng, ayam krispi, rendang, gule, balado dan lain sebagainya. Tidaklah heran jika ayam menjadi favorit menu santapan untuk disajikan. 

Tapi tahukah anda? ada beberapa bagian ayam yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi karena dapat menganggu kesehatan anda. 

Berikut daftar bagian tubuh ayam yang berbahaya jika dikonsumsi dan akan menimbulkan risiko bagi tubuh seperti yang dilansir dari Web MD dan Live Strong

1. Jeroan

Salah satu jeroan yang banyak disukai adalah hati ayam. Hati merupakan organ yang berfungsi menetralisir racun, selain itu banyak mengandung lemak jenuh. Kedua hal ini dapat merugikan kesehatan manusia, timbunan racun seperti merkuri dan selenium. Selenium yang berlebih dapat menyebabkan kerontokan rambut, pusing, mual, muntah dan nyeri otot.

Sementara merkuri yang tinggi dalam tubuh dapat merusak sistem saraf, sistem pencernaan dan merusak organ ginjal, otak, paru-paru bahkan menurunkan daya tahan tubuh. 

Sementara kandungan lemak jenuh akan menyebakan kenaikan kolestrol dalam darah yang berakibat pada kesehatan jantung. 

2. Kulit ayam

Kulit ayam mengandung antibiotik, hormon, dan toksin yang larut dalam lemak kulit. Kandungan lemaknya sangat tinggi, yang dapat menyebabkan terjadinya timbunan kolestrol dan berpengaruh pada kesehatan jantung. 

Disarankan untuk mengkonsumsi olahan daging ayam saja dan membuang kulitnya. 

3. Sayap ayam 

Sayap ayam yang menjadi tempat atau akses obat-obatan berupa hormon, disuntikkan. Sangat mungkin jika obat yang disuntikkan mengendap pada bagian ini dan memberikan dampak buruk bagi kesehatan manusia. 

4. Bokong atau brutu ayam 

Bagian ini disebut kaya akan mineral, tapi ahli gizi dan kesehatan tidak menyarankan untuk mengkonsumsi bagian ini, hal ini dikarenakan kelenjar getah bening terdapat pada bagian ini sehingga terdapat timbunan bakteri dan virus disini. Selain itu kotoran ayam pun menempel pada bagian ini, walaupun sudah dibersihkan tetap anda harus waspada. 

5. Kepala ayam 

Pada tempat ini terdapat banyak timbunan bahan kimia, hal ini dikarenakan peternak ayam biasanya memberikan obat dan vaksin pada bagian ini, terutama bagian otak. 

Bagi penggemar kuliner olahan ayam, tetaplah perhatikan kesehatan anda dalam mengkonsumsinya.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Bagikan Artikel Ini