get app
inews
Aa
Read Next : Lakalantas di Jalan Kenanga - Sumber Pengendara Motor Tewas

Pada Saat Masa Pandemi Pasar Segmen Medium Pickup Malah Naik

Kamis, 14 Oktober 2021 | 16:11 WIB
header img
Supervisor Astra Isuzu Cirebon Imam Firmansyah berfoto dengan kendaraan segmen medium pickup andalannya (Foto : Pie)

KOTA CIREBON, iNews.id - PT Astra Isuzu Cabang Cirebon menguasai 35 persennya untuk pangsa pasar (Market Share) kendaraan komersil pada wilayah Cirebon. Pasar terbesar disumbang segmen medium pickup, dengan menguasai total market hingga mencapai 26.2 persen.

Supervisor Astra Isuzu Cirebon Imam Firmansyah menyatakan, meski penjualan kendaraan segmen komersil secara keseluruhan menurun 20 persennya. Namun, untuk total penjualan Isuzu pada wilayah Cirebon mengalami kenaikan.

"Misalnya pada segmen medium pickup Traga, penjualannya sendiri itu justru mengalami kenaikan 8,1 persen dari Juni 2020 atau dengan total market share 26,2 persennya. Untuk Traga, kita bisa menjual 13 unitan dalam setiap bulannya," tukas Iman, Rabu (13/10/2021).

Secara keseluruhan total market share Isuzu pada wilayah Cirebon ini menguasai sekitar 35 persennnya dari pangsa pasar kendaraan komersil. Penujualan Isuzu, selain didominasi segmen medium pick up, juga disokong penjualan Isuzu Elf, dan Isuzu Giga, dengan penguasaan market share mencapai 17,9 persen, sempai posisi Mei 2021.

"Unik memang, pada saat situasi dan kondisi seprti pandemi. Pangsa pasar Isuzu, terutama segmen medium pickup (Traga) justru mengalami pertumbuhan," ujarnya.

Lantas apa yang telah membuat pangsa pasar kendaraannya tetap survive di tengah-tengah masa pandemi seperti sekarang ini, Firman mengungkapkan, hal tersebut tidak terlepas dari upaya dan strategi pihaknya dalam mengambil ceruk pasar potensial.

"Masih ada beberapa potensi bisa mengabil ceruk pasar misalnya dari kalangan jasa ekpedisi atau distributor pengiriman paket barang. Mereka ini pada saat situasi dan kondisi pandemi itu dari sisi aktivitas bisnisnya juga tidak terlelu terdampak. Dan ini menjadi segmen pasar kendaraan komersil kami," tutur Imam.

PT Astra Isuzu Cirebon hingga akhir tahun ini menargetkan dapat meraih lebih dari 35 persen pasar kendaraan komersial."Di mana, dari rata-rata 40 - 45 unit per bulan untuk total penjualan kendaraan pick up medium secara keseluruhan pada wilayah Cirebon ini, paling tidak kita tak harus menguasai 100 persennya. Namun, kita ingin menjadikan Traga menjadi market leader," jelasnya.

Dalam upaya meningkatkan terget penjualan, pihaknya mengambil langkah-langkah strategi, dengan menghadirkan beragam program penjualan. Bagi konsumen yang ingin membeli kendaraan komersial di dealernya, pihaknya selain menghadirkan program diskon sepesial, juga dp ringan, free servis dua kali dengan jarak tempuh kendaraan antara 5.000 - 10.000 kilometer."Selain itu ada juga program jaminan asuransi bagi para driver, pengemudi kendaraan komersial Isuzu yang diberikan selama 3 bulan ke depan," tambah Imam.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut