get app
inews
Aa Read Next : Sharing dengan Ridwan Kamil, Suhendrik Optimistis Kota Cirebon Bisa Semaju Kota Bandung

Asal Usul Cirebon sebagai Nama Tempat, dari Udang Kecil hingga Puser Bumi

Sabtu, 25 Juni 2022 | 09:48 WIB
header img
Lambang pemerintahan Cirebon sejak zaman Belanda hingga kini mengandung unsur air dan udang. (Foto: Uyung Nuha)

KOTA CIREBON, iNews.id – Cirebon merupakan kota di Jawa Barat yang kaya dengan cerita sejarah dan budaya.  Tidak hanya itu, wisata kuliner juga kerap menjadi tujuan utama  dan pilihan terbaik ketika para pelancong bertandang ke kota ini.

Bicara soal kuliner, lebih jauh asal-usul nama Cirebon sebagai tempat ternyata masih ada kaitannya dengan bab makanan. 

Nama atau sebutan untuk Cirebon merupakan gabungan dari istilah Sunda dan Jawa.

Ci dalam bahasa Cirebon, menurut Buku Cirebon dalam Lima Zaman (Abad ke-15 hingga Pertengahan Abad ke-20), mengacu kepada air sisa pembuatan terasi (belendrang) dari rebon. Ada pun rebon dalam bahasa Jawa adalah udang kecil.

Sumber yang diduga pertama kali memberitakan mengenai Cirebon adalah catatan perjalanan Tome Pires (orang Portugis) ke kawasan Asia yang dibukukan pada 1513-1515 berjudul Suma Oriental. Ia datang ke Pulau Jawa setelah mengunjungi Malaka untuk membeli rempah-rempah.

Tome Pires dalam catatannya menyebut Cirebon dengan Chorobon, sedangkan dalam sumber Belanda,  Cirebon ditulis Charabaon, kemudian berubah menjadi Tjerbon dan Cheribon.

Ada pula sebutan lain untuk Cirebon oleh penduduk setempat dengan Nagari Gede. Sebutan itu berubah menjadi Garege, kemudian berubah lagi menjadi Grage.

Katanya, Grage berasal dari kata glagi yang berarti udang kecil yang telah kering.

Menurut naskah Carita Purwaka Caruban Nagari, nama atau sebutan Cirebon berasal dari kata Sarumban yang berubah menjadi Caruban. Kata ini memiliki arti campuran. Sebutan kata itu kemudian berubah lagi menjadi Carbon.

Menurut para Wali Sanga, Carbon memiliki makna puser jagat (puser bumi). Mereka menyebut demikian karena Cirebon terletak di tengah Pulau Jawa.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut