get app
inews
Aa Read Next : Ajudan Vladimir Putin, Pembawa Koper Nuklir Ditembak Mati di Rumahnya

5 Tempat dengan Radiasi Nuklir Paling Parah di Dunia, Fukushima Jepang Paling Parah

Rabu, 22 Juni 2022 | 19:54 WIB
header img
Limbah radioaktif yang dihasilkan dari nuklir akan menimbulkan efek jangka panjang setelah bom diledakan. (Foto: doc. iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Deretan tempat dengan radiasi nuklir paling parah di bumi merupakan korban dari bencana nuklir, baik dari pembangkit listrik tenaga maupun senjata nuklir.

Akibat tingginya radiasi, tidak ada warga yang diperbolehkan memasuki wilayah tersebut.

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah lima tempat dengan radiasi nuklir paling tinggi di bumi.

1. Fukushima, Jepang

Mengutip The Travel, Fukushima merupakan tempat dengan radiasi nuklir paling tinggi di bumi. Gempa dan tsunami yang terjadi pada 2011 lalu menyebabkan hancurnya reaktor pembangkit listrik tenaga nuklir di Fukushima, Jepang.

Pembangkit tersebut telah diatur untuk mati secara otomatis jika terjadi peristiwa seperti itu, tetapi generator yang seharusnya menyediakan daya untuk mendinginkan reaktor gagal untuk menyala sehingga menyebabkan krisis nuklir.

2. The Polygon, Kazakhstan

The Polygon dulunya merupakan lokasi yang digunakan untuk uji coba senjata nuklir pada masa Uni Soviet. Diperkirakan hingga 400 senjata nuklir telah diuji di daerah tersebut.

Daerah itu telah dianggap tidak layak huni meskipun lebih dari setengah juta orang telah tinggal di daerah tersebut. Diperkirakan lebih dari 200.000 orang masih merasakan dampak buruk karena terpapar radioaktivitas.

Area tersebut telah ditinggalkan, dan tidak ada pengunjung yang diizinkan untuk masuk. Sekarang, wilayah ini menjadi bagian dari zaman modern Kazakhstan.

3. Chernobyl, Ukraina

Pada bulan April 1986, pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl dilalap api besar setelah kegagalan fungsi selama pemeriksaan keamanan.

Peristiwa di Chernobyl ini menjadi salah satu kecelakaan nuklir terburuk di dunia. Meski masih sangat terkontaminasi, namun sejumlah kecil orang kini diizinkan memasuki daerah tersebut dalam waktu terbatas.

Diperkirakan sekitar 4.000 orang meninggal dan lebih dari 6 juta orang terkena radiasi akibat kecelakaan nuklir Chernobyl ini.

4. Hanford, Amerika Serikat

Situs Hanford di Amerika Serikat merupakan bagian penting dari proyek bom atom AS dan merupakan lokasi uji coba bom nuklir pertama.

Hanford dipilih menjadi lokasi pabrik yang akan menyediakan plutonium bagi 60.000 senjata nuklir di seluruh AS. Situs ini kemudian ditutup pasca Perang Dingin.

Meski begitu, dampaknya masih bisa dirasakan hingga sekarang. Daerah tersebut masih mengandung radioaktif dan bahkan telah dikaitkan dengan sejumlah besar kasus kanker di kota-kota terdekatnya.

5. Siberian Chemical Combine, Rusia

Pada masa Uni Soviet, Siberia merupakan lokasi untuk membuat senjata nuklir.

Saat ini jutaan liter cairan radioaktif ditemukan di kolam, sementara sekitar 113.000 metrik ton limbah radioaktif disimpan dalam wadah yang berpotensi bocor ke air tanah. Itulah lima tempat dengan radiasi nuklir paling tinggi di bumi.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut