get app
inews
Aa Read Next : Nekat Berhaji Pakai ID Card Palsu, 37 WNI Asal Daerah Ini Ditangkap di Madinah

5 Tempat Camping Favorit di Kaki Gunung Ciremai Kuningan

Selasa, 12 Oktober 2021 | 11:55 WIB
header img
IG@IpukanKuningan

KUNINGAN, iNews.id - 5 Tempat favorit camping di kaki gunung ciremai Kuningan, merupakan bagi anda yang suka berpetualang dengan alam pegunungan dan menikmati keindahan alam terbuka, kurang lengkap jika tidak mencoba camping atau berkemah di tempat-tempat pilihan kaki Gunung Ciremai Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Berikut rekomendasi yang dapat menjadi pilihan anda.

1. Bukit Perkemahan Ipukan  

Nama Bukit Perkemahan (Buper) Ipukan sudah gak asing di daftar wisata alam Kuningan. Tempat ini berada di Palutungan yang dekat sekali dengan pos awal pendakian Gunung Ciremai via Palutungan. 

Disini udara sangat sejuk, ada spot sunrise dengan landscape Kota Kuningan. Bonusnya, ada dua curug di dalam kawasan bumi perkemahan Ipukan ini.


IG@IpukanKuningan

2. Cibunar Kuningan

Kalau kamu yang pernah mendaki Gunung Ciremai melalui jalur Linggarjati, pastinya tau tempat ini. Cibunar adalah shelter pertama dalam jalur pendakian via Linggarjati, tidak hanya fasilitas shelter untuk pendaki, di sini juga ada camping ground cukup luas yang dikelilingi pinus.

Udaranya yang sejuk dan sensasi alamnya sangat pas untuk mendirikan tenda dan menghabiskan malam di sini dan tempat ini sangat dekat dengan sumber mata air.


IG@wigawdansyh09

3. Balong Dalem 

Bumi perkemahan yang satu ini berada di wilayah Kuningan. Tepatnya berada di desa Babakan Mulya, Kecamatan Jalaksana. Tempat ini bisa kamu jadikan tempat berlibur sambil menikmati suasana alam bersama dengan teman atau keluarga. Selain bumi perkemahan, di kawasan ini juga terdapat sebuah situ atau danau.

Selain terkenal sebagai tempat kemah, kawasan Balong Dalem ini juga dikenal sebagai tempat untuk melaksanan beberapa ritual tertentu. Salah satunya adalah Kawin Cai. Ritual ini dilaksanan bila terjadi kemarau berkepanjangan. Pelaksanaan ritual ini yaitu dengan cara menyatukan air dari 7 mata air cibulan (7 mata air ini dianggap sebagai mempelai pria) dengan mata air yang ada di Balongdalem (mata air ini dianggap sebagai mempelai wanita). Upacara ini diikuti oleh warga Kuningan dan juga Kesepuhan Cirebon


@balongdalem.official

4. Bumi Perkemahan Paniis Singkup

Bumi Perkemahan Paniis Singkup. Lokasi bumi perkemahaan ini berada di dua desa yakni Paniis dan Singkup, kecamatan Pesawahan. Kawasan ini sendiri merupakan area wisata yang telah dikembangkan sedemikian rupa. Di kawasan ini tidak hanya ada bumi perkemahan namun juga pemandian yang lokasinya berada di bawah.

Jika kamu ingin menikmati suasana alam pegunungan bersama dengan orang-orang terdekat namun tidak ingin capek-capek ke puncak gunung, Buper Paniis Singkup merupakan salah satu pilihan yang tidak salah untuk camping ceria dan seru-seruan bersama mereka.


kuningankab.go.id

5. Bukit Lambosir

Bukit Lambosir adalah sebuah kawasan perbukitan di lereng Gunung Ciremai di Blok Lambosir, Desa Setianegara, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Asal-usul pemilihan nama Lambosir sendiri cukup unik, sebab nama Lambosir ternyata berasal dari nama daging bagian dalam yang memiliki rasa paling enak. Dengan pemandangan alam yang indah, tak heran jika Bukit Lambosir selalu ramai dikunjungi wisatawan.


IG@bradedhani

 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut