get app
inews
Aa Read Next : Kenali Mutasi Virus Zika lebih Berbahaya dari Covid-19, Begini 6 Gejala yang Ditularkan Lewat Nyamuk

Ringankan Beban Masyarakat, Pemdes Di Cirebon Ini Gelar Nikah Dan Khitanan Massal

Senin, 11 Oktober 2021 | 23:54 WIB
header img
Salah satu pasangan yang mengikuti kegiatan nikah masal di desa Gembonganmekar, Kecamatan Babakan, Kabupaten Cirebon (Foto : Dede Kurniawan)

KABUPATEN CIREBON, iNews.id - Pandemi Covid-19 yang terjadi di hampir seluruh wilayah di Indonesia termasuk Wilayah Kabupaten Cirebon yang sudah hampir 2 tahun ini, membuat roda perekonomian masyarakat khusunya masyarakat menengah ke bawah merasakan dampak yang begitu berat sekali.

Dalam rangka meringankan beban masyarakat itu, Pemerintah desa Gombanganmekar, Kecamatan Babakan, Kabupaten Cirebon berinisiatif untuk menggelar pernikahan massal dan juga khitanan massal, untuk warga yang benar-benar terdampak langsung Pandemi Covid - 19.

Hasilnya 3 pasang muda mudi pun bisa melangsungkan ijab Kabul pernikahan disaksikan oleh keluarga dan masyarakat sekitar. Tidak hanya itu, 12 anak-anak pun ikut berbahagia karena bisa menjalankan salah satu kewajiban nya yakni di Khitan.

Kepada sejumlah awak media, Senin (11/10/2021), Kuwu Gembonganmekar, Kamaludin, mengatakan, kegiatan nikah dan khitanan masal yang dilakukan pihaknya ini adalah salah satu upaya untuk meringankan beban masyarakat selama masa pandemi ini.

Selain itu, kegiatan nikah dan khitanan masal ini juga sebagai rangakaian dalam rangka memperingati hari jadi desa Gembonganmekar yang ke- 37.

"Alhamdulilah respon masyarakat cukup baik, dan saling bantu membantu pada saat pandemi seperti sekarang ini," ujar Kamaludin.

Dikatakan Kamaludin, kegiatan nikah dan khitanan masal ini sengaja di laksanakan untuk masyarakat yang kurang mampu, terlebih dihadapkan dengan situasi Pandemi. 

"Selain nikah dan khitanan masal ini, dalam rangka menyambut hari jadi desa kami juga mengadakan berbagai kegiatan perlombaan salah satunya adalah menangkap ikan yang diikuti oleh seluruh masyarakat desa," tandasnya.

 

 

 

Ditambah Kamaludin, kegiatan yang positif ini rencananya akan dijadikan agenda rutin tahunan pihaknya, selain itu juga diharapkan kegiatan positif ini juga bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara langsung.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut