Logo Network
Network

Soal Banjir yang Genangi Sawah, Ini yang Akan Dilakukan Dirjen Tanaman Pangan

Dede Kurniawan
.
Jum'at, 08 Oktober 2021 | 18:09 WIB
Soal Banjir yang Genangi Sawah, Ini yang Akan Dilakukan Dirjen Tanaman Pangan
Sekertaris Direktorat Jendela (Dirjen) Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Bambang Pamuji (Foto : Dede Kurniawan)

KABUPATEN CIREBON, iNews.id - Sekretaris Direktorat Jenderal (Dirjen) Tanaman Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) RI, Bambang Pamuji mengadakan pertemuan dengan Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, dan juga beberapa Kuwu yang ada di Kabupaten Cirebon, Jumat (8/10/2021).

Dalam pertemuan yang membahas masalah banjir yang kerap terjadi di Kabupaten Cirebon pada saat musim Penghujan, sampai menggenangi areal persawahan.

"Ternyata setelah dilakukan identifikasi dari para petani, camat dan kuwu, salah satu penyebab dari banjir adalah masalah sedimentasi," ujar Bambang.

Dikatakan Bambang, permasalahan Sedimentasi hingga saat ini belum teratasi secara tuntas. Terkait masalah sedimentasi ini akan menjadi bahan bagi pihaknya untuk dilaporkan kepada pihak terkait agar bisa segera diatasi.

"Kami menyadarkan kepada dinas untuk menyusun proposal atau usulan, sehingga bisa di sampaikan ke PUPR, karena masalah ini (rentan) masuk dalam ranah PUPR," katanya.

Kementerian Pertanian, menurut Bambang, akan terus mengawal, sampai permasalahan banjir di Kabupaten Cirebon bisa teratasi. Pemerintah Daerah, menurut Bambang juga punya peran untuk bagai mana permasalahan banjir ini tidak kembali merugikan petani.

Disinggung mengenai target waktu, penyelesaian masalah Banjir di Kabupaten Cirebon, Bambang mengaku tidak bisa memastikan kapan masalah banjir ini bisa diselesaikan, pasalnya saat ini pihak BBWS juga mengaku kalau saat ini anggaran yang ada tengah difokuskan untuk penanganan Covid - 19.

"Mudah-mudahan, paling tidak di 2022 mulai ada normalisasi sendimentasi secara tuntas bisa dilaksanakan," tambahnya.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.